Terapkan Kinerja Berbasis ESG, BRI Raih Belasan Penghargaan

Farah

Jakarta, Indonesia —

Implementasi keuangan berkelanjutan berbasis nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance atau ESG) yang dilakukan BRI dengan konsisten membuahkan hasil positif di sepanjang 2020.

Sustainability Report BRI tahun lalu menunjukkan, terdapat 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih. Selain dinilai berhasil menjaga komitmen kinerja berbasis ESG, apresiasi itu juga diberikan karena perusahaan mampu menjalani peran sebagai lembaga keuangan dan membentuk ekosistem berkelanjutan bagi masyarakat.

Beberapa apresiasi yang diterima BRI terkait penerapan nilai-nilai ESG pada 2020 adalah penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hongkong, penghargaan Indonesia Digital Innovation Brand 2020 dari Warta Ekonomi, serta Innovative Company For Embracing Stratup Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.




BRI juga masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Tak hanya itu, perusahaan mendapat penghargaan sebagai BUMN dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik, serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Pada penghujung tahun lalu, BRI pun kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan, pihaknya selalu berperan aktif mewujudkan bisnis berkelanjutan dengan mengimplementasikan aspek ESG. Hal itu disebut sesuai dengan komitmen BRI yang sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 51/POJK.03/2017 tentang Implementasi Keuangan Berkelanjutan pada Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

Bank BRIDi sepanjang 2020, BRI meraih setidaknya 17 penghargaan dari dalam dan luar negeri berkat konsistensi menerapkan kinerja berbasis ESG. (Foto: Arsip Bank BRI)

Di tengah situasi pandemi sekaligus sebagai upaya mendukung pemangku kepentingan mewujudkan keberlanjutan, BRI tetap melaksanakan aktivitas bank dengan berfokus pada pemulihan UMKM sebagai salah satu sektor yang paling terdampak. Kegiatan yang dilakukan berupa penyaluran kredit dan restrukturisasi kredit bagi UMKM.

Sejalan dengan visi dan misi perusahaan terhadap dukungan keuangan berkelanjutan, BRI akan terus menjalankan kegiatan operasional berprinsip ESG, serta mengimplementasikan program-program Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan.

Lebih lanjut, Sunarso kembali menegaskan komitmen untuk berjuang bersama UMKM dengan inovasi pada ekosistem pasar serta ekosistem digital, terlebih kondisi perekonomian ke depannya diprediksi makin dinamis.

“Di masa mendatang kondisi perekonomian diprediksi akan semakin dinamis, untuk itu BRI memperkuat landasan kinerja perusahaan dengan melaksanakan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan. Sebagai salah satu ‘First Mover on Sustainable Finance‘, BRI telah mengimplementasikan secara bertahap strategi keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif dalam mendorong percepatan implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia dan BRI akan fokus mewujudkan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat,” kata Sunarso.

(rea)


Next Post

NYALANG: Bunga-bunga Asmara