Jakarta () – Grammy mungkin kehilangan bintang seperti Drake, The Weeknd, Foo Fighters dan Kanye West sebagai bintang tamu, namun, malam terbesar tersebut diharapkan masih bisa bersinar terang di Las Vegas Strip.

Upacara penghargaan Grammy pindah ke Las Vegas untuk pertama kalinya dengan beberapa artis yang bisa memeriahkan malam puncak, termasuk Billie Eilish, Olivia Rodrigo dan Jon Batiste.

Dikutip dari Associated Press, Minggu, lokasi malam penghargaan bergeser dari Los Angeles karena meningkatnya kasus COVID-19 dan varian omicron pada Januari. Acara hari Minggu (3/4) akan tayang langsung mulai pukul 8 malam waktu setempat.

Pembawa acara Trevor Noah menyebut Las Vegas sebagai "tempat sempurna untuk merayakan" dengan para penggemar musik di MGM Grand Garden Arena.

Tahun lalu, Grammy memiliki suasana festival musik dengan bagian-bagian dari pertunjukan yang diadakan di luar ruangan dalam suasana tatap muka yang intim dengan musisi yang dicampur dengan pertunjukan yang direkam sebelumnya (tapped show).

Noah mengharapkan pertunjukan yang menghibur dengan beberapa bintang yang akan tampil di panggung termasuk Rodrigo, Eilish, Lil Nas X, Jack Harlow, Brandi Carlile, Batiste, Silk Sonic, H.E.R., Chris Stapleton, Leslie Odom Jr. dan Brothers Osborne.

Dia mengatakan, penghargaan Grammy akan menjadi perayaan industri musik hidup kembali.

"Ada elemen (pertunjukan) ini seperti kamp musik. Saya pikir itu akan membawa energi yang berbeda, dan saya senang menjadi bagian darinya," kata Noah.

Grammy akan terus berlanjut tanpa West, yang dikenal sebagai Ye, setelah muncul berita awal bulan ini bahwa dia tidak akan tampil di acara itu karena "perilakunya di ruang daring".

Sementara, The Weeknd masih memboikot penghargaan itu dan Drake mengatakan dia tidak ingin ikut bersaing memperebutkan Grammy, dengan menarik dua nominasinya. Foo Fighters batal tampil di Grammy karena meninggalnya sang drummer.

Di sisi lain, Jon Batiste yang multitalenta memasuki Grammy sebagai nominasi utama dengan 11 nominasi dalam berbagai genre termasuk R&B, jazz, musik Amerika, klasik, dan video musik.

Sementara Justin Bieber, Doja Cat dan H.E.R. imbang untuk nominasi terbanyak kedua dengan masing-masing delapan nominasi.

Grammy tahun ini juga akan memperkenalkan 10 nominasi yang diperluas dalam tiga genre utama — yaitu rekaman, album, dan lagu terbaik tahun ini.

Kategori yang berkembang akan membuat persaingan menjadi lebih kuat tetapi dapat membuat pemilihan pemenang menjadi jauh lebih sulit.

Selain itu, pemenang Grammy John Legend akan diberikan penghargaan selama Academy's Black Music Collective. Penyanyi ini akan menerima Recording Academy Global Impact Award yang pertama untuk pencapaian pribadi dan profesionalnya di industri musik.

Baca juga: Potret terkini Matahari hingga Foo Fighters tak tampil di Grammy

Baca juga: Kanye dilarang tampil di Grammy Awards akibat sikap "online"nya

Baca juga: BTS akan manggung di Grammy Awards 2022

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022