Breaking News in Indonesia

Tanpa Surat Bebas Covid, Pendatang di DKI Dipaksa Isolasi

Jakarta, Indonesia —

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut para pemudik yang kembali ke Jakarta tanpa membawa surat keterangan bebas Covid-19 bakal dipaksa untuk menjalani isolasi mandiri.

Aparat kepolisian pun memastikan bakal mengecek dokumen tersebut di sejumlah pos pemeriksaan.

“Jika Anda tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid, mereka (petugas) akan memaksa Anda untuk melakukan isolasi mandiri dan dilakukan swab antigen gratis,” kata Fadil dalam video yang diunggah akun Twitter @TMCPoldaMetro pada Senin (17/5).

Fadil juga menegaskan para pemudik yang kembali ke Jakarta tak akan ada yang bisa lolos dari proses pemeriksaa lantaran terdapat Babinsa, Babinkantibmas, RW, hingga RT.

“Kalau Anda lolos di pos penyekatan ini, Anda tidak mungkin lolos di basis komunitas, karena seluruh RT, RW, Babinsa, Babinkantibmas itu akan datang,” ucap Fadil.

[Gambas:Twitter]

Diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan surat bebas Covid-19 bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

Dalam pelaksanaannya, petugas akan memeriksa kelengkapan surat bebas Covid-19 dan hasil antigen terhadap masyarakat yang memasuki Jakarta secara acak (random).

Lihat juga:

3.250 Pemudik Jalani Rapid Test, 24 Orang Positif Covid-19

Pada pemeriksaan Minggu (16/5) lalu, Polda Metro Jaya sendiri melalukakan swab test terhadap 1.847 orang di jalur arteri ataupun jalur tol.

Hasilnya, kata dia, 4 orang dinyatakan reaktif dan ditangani lebih lanjut di RS terdekat.

(dis/psp)

[Gambas:Video ]

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Larangan Mudik Lebaran 2021”