Jakarta () – Sutradara Spike Lee telah mengedit ulang dokumenter berjudul “NYC Epicenters: 9/11-2012 ½” yang tayang di HBO setelah kontroversi karena menampilkan konspirasi penyebab gedung World Trade Center runtuh.

Melansir Variety, Jumat, juru bicara HBO mengatakan durasi episode keempat dan terakhir yang dijadwalkan tayang 11 September dipangkas menjadi 30 menit lebih pendek dan bagian teori konspirasi tentang bagaimana menara runtuh telah dihapus.

Potongan asli episode yang telah dirilis sebelumnya kepada media akhir pekan lalu itu menampilkan wawancara dengan anggota kelompok konspirasi Architects and Engineers for 9/11 Truth.

The New York Times melaporkan dalam dokumenter tersebut argumen dari kelompok konspirasi disandingkan dengan wawancara para ahli yang telah mempelajari dan menyelidiki selama bertahun-tahun, seperti S. Shyam Sunder dari National Institute of Standards and Technology.

‚Äč

Dokumenter arahan Spike Lee mendorong pandangan bahwa keruntuhan gedung World Trade Center bukan disebabkan oleh serangan teror.

Setelah kontroversi muncul, pada Rabu lalu (25/8) Lee mengumumkan bahwa ia sedang mengedit ulang episode tersebut.

Dalam sebuah wawancara di The New York Times yang diterbitkan pada Senin (23/8), Lee mengatakan dirinya masih memiliki pertanyaan tentang apa yang terjadi pada peristiwa 9/11 dan tampak meragukan penjelasan resmi tentang runtuhnya gedung World Trade Center.

“Tetapi orang-orang akan mengambil keputusan sendiri. Pendekatan saya adalah memasukkan informasi ke dalam film dan membiarkan orang memutuskan sendiri. Saya menghormati kecerdasan penonton,” kata Lee dikutip dari The New York Times, Jumat.

Empat bagian dokumenter ditayangkan perdana pada Minggu (24/8) menampilkan lebih dari 200 wawancara yang dilakukan oleh Lee dengan saksi mata serangan 11 September 2001, termasuk responden pertama, politisi, dan jurnalis.

Dua episode berikutnya dari “NYC Epicenters: 9/11-2021½” akan tayang di HBO pada 29 Agustus dan 5 September mendatang. Episode terakhir yang diedit ulang akan ditayangkan pada 11 September bertepatan dengan peringatan 20 tahun peristiwa 9/11.

Baca juga: Kata Kate Winslet soal kemungkinan "Mare of the Easttown 2"

Baca juga: Serial animasi "Adventure Time" akan hadir di HBO Max

Baca juga: Natalie Portman batal main di film "Days of Abandonment"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021