Jakarta () – Gelaran acara "Sundance Film Festival" yang dihelat pada 2022 akan mewajibkan setiap pengunjung untuk menunjukkan bukti telah menerima vaksin COVID-19 sebagai upaya menjaga kesehatan seluruh peserta secara maksimal

"Sebagai komitmen kami kepada komunitas masyarakat, kami akan mensyaratkan semua peserta yang hadir dalam festival, hingga orang-orang yang terlibat dalam acara sudah menerima penuh dosis vaksinnya,"kata Direktur dari Sundance Film Festival Tabitha Jackson dalam keterangannya seperti dikutip dari Hollywood Reporter, Rabu.

Tabitha menjanjikan "Sundance Film Festival" 2022 akan menjadi kegiatan yang dirancang untuk memastikan keamanan baik para aktor dan aktris yang hadir, para peserta, oara partisipan, dan kru yang bertugas agar bisa berjalan dengan optimal.

Mengikuti kesuksesan pelaksanaan di 2021, SFF dilaksanakan mengijutu protokol kesehatan dengan perhelatan yang dilakukan daring 100 persen.

Untuk di 2022, gelaran SFF akan dibuat memiliki konsep acara hybrid sehingga ada sebagian acara dilakukan daring dan juga secara langsung.

Acara ini akan kembali digelar dalam waktu 11 hari mulai dari 20- 30 Januari 2022 di Park City, Utah dan ruang daring.

Tabitha pun menegaskan bahwa semua orang yang hadir harus merasa nyaman dengan keselamatan dirinta bahkan ketika menyiapkan perjalanannya hingga mencapai Park City.

"Kami akab bagikan detail dan proses untuk pencegahan keamanan dan kesehatan menjelang festival berlangsung. Termasuk nanti di dalamnta kapasitas teater dan informasi penggunaan masker. Kami akan lanjutkan elemen kesehatan dan penerapan protokol kesehatan yang ada akan berjalan dengan maksimal," katanya.

Selain Sundance Film Festival, perhelatan acara festival lainnya seperti Venice Film Festival baru- baru ini juga mengambil keputusan yang serupa.

Para peserta selain wajib membawa bukti vaksinasi, juga diharapkan mendapatkan hasil antigen yang negatif serta telah bebas dari infeksi COVID-19 sebelum acara itu dihelat September mendatang.

Beberapa festival film seperti di Toronto dan New York yang mengambil langkah serupa memastikan festival mereka aman di tengah pandemi.

Pada 2021, kegiatan virtual Sundance Film Fesrival menjadi kegiatan festival terbesar yang dilakukan secara daring dengan peserta 500.000 penonton untuk menyaksikan acara tersebut.

Baca juga: Festival Film Sundance 2021 hanya akan dihelat selama seminggu

Baca juga: Palm Springs International Film Festival dihelat

Baca juga: Ethan Hawke bertransformasi jadi Nikola Tesla di film "Tesla"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021