Jakarta () – Film "Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings" yang dibuat oleh Marvel Studio dan Disney diperkirakan akan menutup pekan debutnya dengan penghasilan sekitar 75 juta hingga 85 juta dolar AS.

Pada hari penayangannya perdana di Amerika Serikat saja, film bergenre pahlawan super itu telah mengumpulkan sebanyak 29,6 juta dolar AS dari 4.300 teater yang dibuka di tengah pandemi COVID-19.

Mengutip Variety, Minggu, maka tidak perlu heran jika "Shang-Chi" mendapatkan perkiraan dengan nominal yang besar.

Beberapa pakar industri film bahkan menyebutkan Shang Chi mampu meraih 86 juta dolar AS dalam penayangan selama empat hari pertamanya dengan penghasilan kotor sekitar 70,8 juta dolar AS.

Tentu jika dibandingkan dengan "Black Widow" yang beberapa bulan lalu ditayangkan juga di teater- teater global maka pendapatan perkiraan "Shang Chi" agak sedikit lebih di bawah.

"Black Widow" memperoleh 80 juta dolar AS dalam waktu tiga hari penayangannya di teater dan 60 juta dolar AS melalui akses premium dari platform Disney Plus.

Meski demikian, film "Shang Chi" diharapkan bisa membuat rekor baru di akhir pekan menuju hari buruh di Amerika Serikat mengalahkan rekor yang pernah dibuat oleh "Halloween" pada 2007 yang mencapai pendapatan 30,6 juta dolar AS pada saat itu.

Tidak seperti "Black Widow", Disney memilih "Shang Chi" tidak ditayangkan di platform menonton daringnya dan mau menerapkan film- film garapannya hanya diperuntukan untuk teater saja.

Itu juga dilakukan untuk melihat bagaimana tren pasar, apakah hal itu mengarah ke hal baik atau tidak.

Hal itu melihat film yang ditayangkan secara hibrid seperti "Black Widow" pada pekan kedua di teater justru mengalami penurunan penghasilan berbeda dengan film yang saat itu dirilis eksklusif seperti "Free Guy" dan "Candyman" untuk teater yang ternyata melebihi ekspektasi industri.

"Shang Chi" merupakan film pahlawan super dari Asia yang pertama kali dikenalkan oleh Marvel, ia merupakan seorang pahlawan super yang melawan sindikat kriminal milik ayahnya.

Film ini disutradarai oleh Dustin Daniel Cretton dengan para bintang Asia ternama seperti Simu Liu, Awkwafina, Michelle Yeoh, Tony Leung, dan Benedict Wong.

"Free Guy" yang juga garapan Disney diperkirakan akan menduduki peringkat ketiga dalam tangga Box Office Amerika Serikat dengan perkiraan penghasilan di pekan ini sekitar 10- 12 juta dolar AS dan secara total meraih 93 juta dolar AS.

Selanjutnya untuk tempat keempat dan kelima diperkirakan akan diisi oleh "PAW Patrol" dan "Jungle Cruise" dengan masing- masing pendapatan pekan ini diperkirakan mencapai 5,6 juta dolar AS dan 5 juta dolar AS.

Baca juga: Marvel Studios isyaratkan buat sekuel "Shang-Chi"

Baca juga: Simu Liu tak tahu kapan akan perankan kembali "Shang-Chi"

Baca juga: Destin Daniel Cretton sebut "Shang-Chi" sebagai film yang personal

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021