Setelah Pfizer, Kanada Akan Terima Kedatangan Vaksin Moderna

Farah

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pengiriman pertama vaksin Covid-19 Moderna akan tiba di negaranya sebelum akhir Desember.

Jakarta, Indonesia —

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pengiriman pertama vaksin Covid-19 Moderna akan tiba di negaranya sebelum akhir Desember.

Jika mendapat persetujuan regulasi, Moderna akan bergabung bersama Pfizer/BioNTech yang sudah digunakan dalam vaksinasi darurat di Kanada.

Kanada telah memulai vaksinasi Covid-19 pada Senin (14/12) waktu setempat dengan menyuntikkan tenaga medis dan penghuni panti jompo.

“Kanada akan menerima hingga 168 ribu dosis vaksin Covid-19 Moderna sebelum akhir Desember, menunggu persetujuan dari Health Canada,” kata Trudeau dalam jumpa pers, Selasa (15/12) seperti dikutip dari AFP.

“Dosis ini adalah bagian dari 40 juta dosis yang kami pesan dari Moderna, dan pengiriman dapat dimulai dalam waktu 48 jam setelah mendapat persetujuan regulasi,” katanya.

Dengan kedatangan vaksin Moderna maka jumlah lokasi yang divaksinasi akan meningkat dari 14 menjadi 70 wilayah di seluruh Kanada.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyatakan vaksin Moderna aman dan efektif untuk mencegah Covid-19.

Lihat juga:

Kanada Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech

Vaksin Moderna kemungkinan akan segera mendapat persetujuan untuk penggunaan darurat di AS.

FDA mengklaim telah melakukan analisis terhadap keamanan dan efektivitas uji klinis Fase 3 vaksin Moderna. Analisis itu yang nantinya akan menjadi dasar FDA mengeluarkan izin darurat penggunaan vaksin tersebut.

Vaksin Covid-19 buatan Moderna diklaim 94 persen efektif mencegah penyakit tanpa gejala dan mencegah penyebaran virus. Kemanjuran tinggi dari vaksin Moderna tercatat setelah dua dosis diberikan 28 hari terpisah.

Sementara itu Trudeau juga mengumumkan bahwa Kanada akan menerima kedatangan 200 ribu dosis vaksin Pfizer pekan depan, dan kemungkinan akan mendapatkan total 417 ribu dosis sebelum 1 Januari.

Secara total, Kanada, negara dengan 38 juta penduduk itu telah memesan lebih dari 400 juta dosis vaksin dari tujuh perusahaan farmasi guna menjamin kebutuhan dalam negeri.

Lihat juga:

Singapura Akan Terima Vaksin Pfizer, PM Lee Disuntik Pertama

Kanada berencana melakukan vaksinasi tiga juta orang pada akhir kuartal pertama 2021. Hingga Rabu (16/12) Kanada memiliki 475.214 kasus virus corona dan 13.659 kematian.

(dea)

[Gambas:Video ]


Next Post

Jokowi: Pemberantasan Korupsi di KPK Jangan Padam

Jakarta, Indonesia — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pemberantasan korupsi di Indonesia tidak boleh padam. Ia juga berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan langkah-langkah sistematis dalam upaya pemberantasan korupsi. “Meskipun listrik di KPK padam, tapi pemberantasan korupsi tidak boleh padam,” kata Jokowi dalam pidatonya di Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 […]