Breaking News in Indonesia

Satgas Ungkap Ada WN India Masuk Indonesia Positif Covid

Jakarta, Indonesia —

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan  sejumlah warga negara India yang memasuki Indonesia pada Rabu (21/4) dinyatakan positif terpapar virus corona.

Mereka dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan tes usap (swab) PCR risiko paparan Covid-19 di Bandara Internasional Soekarno Hatta beberapa saat usai kedatangan.

“Iya ada yang positif. Detailnya dari Kemenkes ya,” kata Wiku lewat pesan singkat kepada Indonesia.com, Jumat (23/4).

Wiku tak bisa memastikan berapa yang positif dari total 135 warga negara India yang diketahui memasuki Indoneisa. Dia juga tak menjawab saat ditanya apakah mereka yang dinyatakan positif tertular dari varian baru virus Corona.

Sebelumnya, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih mengonfirmasi mengenai kedatangan seratusan WNA dari India melalui Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (21/4) malam.

Mereka datang menggunakan pesawat carter. Pihaknya mengaku cukup khawatir akan kedatangan 135 WNA India itu, sebab diketahui India tengah dilanda ‘Tsunami Covid-19’ dalam dua bulan terakhir. Selain itu, India diketahui tengah berjibaku melawan mutasi virus SARS-CoV-2 varian B1617 yang bermuatan mutasi ganda.

“Mungkin bukan eksodus, tapi banyak WNA India, 135 orang, masuk ke Indonesia semalam. Mereka punya KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan naik pesawat carter. Mereka punya KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan naik pesawat carter,” kata Benget melalui pesan singkat kepada Indonesia.com, Kamis (22/4).

Mengenai informasi dari Wiku soal ada yang positif di antara seratusan WN India tersebut, Benget belum lagi merespons pertanyaan yang dilayangkan Indonesia.com

(thr/kid)

[Gambas:Video ]