Satgas Kerahkan Penyuluh KB Sosialisasi Protokol Covid

Farah

Satgas mengerahkan penyuluh KB untuk sosialisasi protokol covid-19. Sebab sosialisasi KB dari para penyuluh dianggap berhasil.

Jakarta, Indonesia —

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bakal melibatkan penyuluh Keluarga Berencana (KB) untuk menyosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku Sonny Harry B. Harmadi mengatakan penyuluh KB dianggap mampu mengedukasi perubahan perilaku hidup masyarakat.

“Kita mengerahkan para penyuluh KB, baik PNS dan non-PNS untuk menjadi garda terdepan sosialisasi edukasi kepada masyarakat agar mereka memahami pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” kata Sonny dalam acara Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara virtual, Jumat (2/10).

Setidaknya ada 13 ribu penyuluh KB dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) PNS serta 9.000 PLKB non-PNS yang dilibatkan. Untuk penyuluh KB dan PLKB PNS akan melakukan sosialisasi di 34 provinsi, sedangkan PLKB non-PNS melakukan di 10 provinsi.

“Edukasi mereka fokus dalam pendidikan dan mitigasi ke kelompok sulit, mitigasi spesifikasi ke target keluarga,” ucap Sonny.

Sonny menuturkan hal utama yang akan disampaikan kepada masyarakat adalah soal penerapan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Sonny menyampaikan pelibatan para penyuluh ini berkaca pada keberhasilan pelaksanaan program KB di Indonesia.

Lihat juga:

Satgas Tak Bisa Prediksi Puncak Covid, Tergantung Protokol

Ia berharap keterlibatan penyuluh KB berhasil mengubah perilaku masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19 di Indonesia.

“Kami sangat membutuhkan teman-teman BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) menjadi garda terdepan pahlawan kemanusiaan agar masyarakat kita tersosialisasikan dan melaksanakan protokol kesehatan sebaik-baiknya.” tutur Sonny.

Berdasarkan data 1 Oktober 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 291.182. Dari jumlah tersebut, 10.856 meninggal dunia dan 218.487 dinyatakan sembuh.

Kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan terus bertambah di atas 4.000 kasus per hari. Kasus Covid-19 menembus angka 4.000 orang pertama kali pada 19 September yakni 4.168 kasus.

(dis)

[Gambas:Video ]

Next Post

Polisi Tangkap Pengunggah Kolase Ma'ruf Amin-Kakek Sugiono

Jakarta, Indonesia — Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menangkap pemilik akun facebook Oliver Leaman S yang mengunggah foto kolase foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan wajah bintang film porno ‘Kakek Sugiono‘ hingga menjadi viral di media sosial. Penangkapan dilakukan di rumah pelaku yang berada di Kabupaten Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara pada […]