Satgas Covid-19 Harap Tak Ada Lagi Kerumunan Massa

Farah

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 berharap pengumpulan massa seperti penyambutan Rizieq Shihab tidak terjadi lagi karena bisa menjadi klaster penularan baru.

Jakarta, Indonesia —

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 berharap tak ada lagi pengumpulan massa seperti saat penyambutan kedatangan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (10/11). Mereka khawatir kerumunan massa itu bisa menjadi klaster penularan baru.

Juru Bicara #SatgasCovid19 Wiku Adisasmito mengungkapkan pihaknya memiliki tugas untuk melakukan pengawasan, penanganan, dan penegakan disiplin protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat.

Makanya ia meminta setiap pihak menjalankan perannya untuk menekan penularan Covid-19. Protokol itu di antaranya #ingatpesanibu untuk #pakaimasker, #cucitangan pakai sabun, dan #jagajarak hindari kerumunan.

“Kami berharap kejadian kemarin adalah kejadian terakhir. Ini potensi penularan kasus yang sangat besar. Jangan egois, kita harus ingat jika kita berkerumun maka kita dapat membawa malapetaka di masa pandemi ini,” ucapnya usai mengumumkan Perkembangan Penanganan Covid-19 yang diunggah melalui akun Youtube BNPB, Kamis (12/11).

Wiku melanjutkan, kerumunan menyulitkan orang menjaga jarak, ditambah dengan beberapa orang yang tidak memakai masker maka akan meningkatkan risiko penularan yang lebih besar.

Pelanggaran protokol semacam ini, kata dia, tidak hanya membahayakan nyawa manusia tetapi juga keluarga dan orang di sekitar.

Satgas Covid-19 akan tetap selalu melakukan antisipasi terhadap lonjakan kasus. Namun jika tanpa sikap dan dukungan masyarakat maka risiko penularan akan tetap tinggi.

Untuk itu, ia meminta kesadaran kepatuhan protokol kesehatan dan meminta semua pihak yang merasakan gejala Covid-19 segera memeriksakan diri sebagai deteksi dini.

“Kami meminta kepada masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk memastikan status kesehatannya,” ujarnya.

(fef/fef)

[Gambas:Video ]


Next Post

Biden Menang Lawan Trump: 306 Vs 232 Suara

Jakarta, Indonesia — Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden memperkuat kemenangannya dalam electoral vote dengan angka 306 lawan Trump 232 suara. Dalam persentase, Biden mendapatkan 50,8 persen sedangkan Trump 47,4 persen.  memprediksi ini akan jadi kemenangan final untuk Biden melawan Trump sebagai Presiden AS.  [Gambas:Twitter] Projects menuliskan bahwa 20 suara elektoral dari […]