Satgas: Anak Muda Perlu Punya Peran Edukasi Protokol Covid-19

Farah

Satgas Covid-19 menyebut anak muda punya peran besar dan selalu punya cara kreatif untuk melakukan edukasi protokol kesehatan.

Jakarta, Indonesia —

Anak muda membuktikan perannya dalam berbagai momen perjalanan bangsa Indonesia. Kini di tengah pandemi Covid-19, anak muda perlu membuktikan keterlibatan mereka untuk menekan penularan.

Hal tersebut disampaikan Tirta Hudhi atau dikenal dokter Tirta. Bagi Tirta, perkembangan media sosial kini masih menjadi hambatan anak muda untuk berperan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Tirta menyampaikan, mayoritas dari anak muda justru memanfaatkan media sosial ini untuk sarana menghujat dan menyalahkan masyarakat soal protokol kesehatan.

“Misalnya saja ada yang tidak pakai masker, yang ada justru diviralkan dan dipermalukan. Bukan dicari penyebabnya,” ucap Tirta dalam diskusi ‘Anak Muda Bawa Perubahan’ di Media Center #SatgasCovid19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (28/10).

Bagi Tirta, hal tersebut buruk dan cenderung terlalu menyalahkan masyarakat atas pelanggaran protokol kesehatan.

Tirta menambahkan ada banyak alasan dan sebab mereka tidak memakai masker seperti informasi yang salah ataupun pendekatan yang keliru dari pelaku sosialisasi.

Protokol kesehatan sendiri itu antara lain #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #cucitangan dengan sabun dan air mengalir, serta #jagajarak hindari kerumunan. 

“Saya dan dokter relawan lain ketika di medsos selalu menggali kenapa mereka tidak mematuhi protokol,” ujar Tirta.

Beberapa tindakan yang berisiko tertular Covid-19 terkadang ia lakukan di lapangan. Beberapa orang yang ditemuinya bahkan meminta tos tangan dan membuka masker.

Namun, usai melakukan sentuhan Tirta selalu cuci tangan pakai sabun. Hingga kini, setelah berkali-kali tes swab dirinya masih negatif.

Lihat juga:

Pemerintah Perbanyak Inovasi Teknologi Hadapi Covid-19

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem, serta Ketua #SatgasCovid19 Doni Monardo, mengaku bahwa peran anak muda sangat penting dalam penanganan Covid-19.

Mereka selalu punya cara kreatif untuk melakukan edukasi pelaksanaan protokol kesehatan.

(ayo/fjr)

[Gambas:Video ]

Next Post

NEC to Host Inaugural NEC Visionary Week, a Fully Virtualized Conference and Exhibition

TOKYO, Oct 30, 2020 – (JCN Newswire) – NEC Corporation (TSE: 6701) today announced that it is hosting the NEC Visionary Week, which will be conducted entirely online, from November 12 to December 4, 2020. Themed “Co-creation for tomorrow, designing the future,” this NEC flagship event will feature more than […]