Jakarta () – Japan Foundation menawarkan hiburan awal tahun untuk para pencinta film lewat dua festival dengan fokus berbeda, yakni CROSSCUT ASIA Delicious! Online Film Festival yang fokus pada kuliner dan film-film di Asia khususnya Asia Tenggara, serta Japanese Film Festival ONLINE 2022 yang memutarkan rangkaian film-film Jepang dari beragam genre.

CROSSCUT ASIA Delicious! Online Film Festival diinisiasi oleh Japan Foundation bekerja sama dengan Tokyo International Film Festival (TIFF). Festival ini akan diadakan mulai tanggal 21 Januari hingga 3 Februari 2022.

CROSSCUT ASIA adalah program yang dirilis sebagai salah satu seleksi resmi TIFF yang fokus menayangkan berbagai film, sutradara, ataupun tema dari Asia sejak tahun 2014 hingga 2019.

Pada festival ini, CROSSCUT ASIA menayangkan edisi khusus yang terdiri dari tujuh film bertema kuliner dari Jepang dan Asia Tenggara, serta Encore! CROSSCUT ASIA yang berisi enam film pilihan dari edisi sebelumnya. Dua film dari Indonesia yang turut ditayangkan dalam festival ini yaitu, “Aruna dan Lidahnya” karya Edwin, serta “Ini Kisah Tiga Dara” karya Nia Dinata.

Selain itu, karya dari sutradara kenamaan Asia Tenggara lainnya juga hadir dalam festival ini di nya, Wanton Mee oleh sutradara Eric Khoo (Singapura), dan Pete Teo Special yang menayangkan seri video musik dan film pendek dari 15 sutradara Malaysia.

Tiga belas film ini dapat ditonton secara gratis selama festival berlangsung dan dilengkapi takarir dalam bahasa Jepang dan Inggris. Beberapa film juga menyediakan takarir dalam bahasa lokal.

Festival ini juga menyuguhkan satu paket program spesial "makanan utama” dan “pendamping”, termasuk bincang-bincang dengan sutradara dan wawancara mengenai kuliner. Temukan juga menu menarik yang dihidangkan oleh kedutaan besar dan rumah residensi para duta besar di Tokyo, serta menu makan siang dan jejak lokal di Asia Tenggara juga artikel terkait.

Penikmat film Jepang juga bisa menonton kurasi tontonan dalam Japanese Film Festival (JFF) yang hadir di Indonesia sejak 2016. Diinisiasi oleh The Japan Foundation, Jakarta, JFF hadir di beberapa kota di Indonesia, dan mulai menghadirkan JFF ONLINE pada tahun 2020.

Untuk pertama kalinya, JFF akan diselenggarakan secara serentak serta dapat diakses oleh masyarakat di lebih dari 20 negara di lima benua termasuk Indonesia mulai tanggal 14-27 Februari 2022.

Selain Indonesia, negara yang ikut berpartisipasi lain Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, India, Korea, Nepal, Bangladesh, Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Argentina, Ekuador, Peru, Spanyol, Italia, Mesir, Hungaria, Jerman, New Zealand, Australia, dan lainnya. Festival ini dapat diikuti secara gratis dan di mana saja dengan gawai yang mendukung.

Baca juga: Lima film Jepang akan diputar gratis jelang JFF Online 2022

Baca juga: Short Shorts Film Festival 2021 digelar secara hibrida

Baca juga: Festival Film Jepang 2020 hadir secara virtual
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021