Rumah Mewah Kedoya Jadi Incaran Pencuri karena Plang ‘Dijual’

Farah

Jakarta, Indonesia —

Otak pencurian rumah mewah di Kedoya, Jakarta Barat berinisial A menentukan sasaran target aksi pencurian karena melihat tulisan ‘dijual’ di depan bangunan tersebut.

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung mengatakan A juga telah memantau rumah itu selama dua hari. Tujuannya, untuk memastikan rumah benar-benar kosong.

“Dia lihat ada tulisan dari agen properti itu rumah dijual, biasanya kalau rumah dijual diintip sama dia kosong atau enggak,” kata Robinson saat dikonfirmasi, Rabu (31/3).

Setelah dipastikan kosong, A untuk pertama kalinya memberanikan diri masuk ke rumah itu pada 20 Februari 2021. Saat itu, A menemukan kunci dan gembok di rumah tersebut, yang akhirnya ia ganti.

“Dia masuk nemu kunci dan gembok terus diganti sama dia. Barulah beberapa barang dibawa sama dia yang ringan,” ucap Robinson.

Suasana rumah mewah di Kedoya yang menjadi sasaran pencurian interior, Rabu(24/3). Kondisi rumah tersebut tampak berantakan. Kusen-kusen di lantai 2 juga tak luput dari sasaran pencuri.Foto: Indonesia/ Syakirun Niam
Suasana rumah mewah di Kedoya yang menjadi sasaran pencurian interior, Rabu(24/3). Kondisi rumah tersebut tampak berantakan. Kusen-kusen di lantai 2 juga tak luput dari sasaran pencuri.

Barang-barang hasil curian dari rumah itu, kemudian dijual oleh A kepada penadah. Dari hasil pencurian itu, A berhasil meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

“Dapat Rp9 juta dari pencurian itu,” ujar Robinson.

Lihat juga:

Polisi Ringkus Dalang Pencurian Rumah Mewah Kedoya

Dalam kasus pencurian ini, polisi telah menetapkan A selaku otak aksi sebagai tersangka. Ia dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian.

Selain A, polisi juga menetapkan H selaku penadah sebagai tersangka. H dikenakan Pasal 480 KUHP tentang penadahan.

Lihat juga:

Ironi Rumah Mewah Kedoya, Pemilik Tertutup Berujung Pencurian

Kasus pencurian ini terbilang unik, sebab para pelaku diketahui tak hanya menyasar barang berharga. Para pelaku justru menyasar pelbagai material mulai dari kusen, ubin, keramik, hingga sanitary.

Pencurian ini mengakibatkan pemilik rumah mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp1 miliar.

(dis/gil)

[Gambas:Video ]


Next Post

Zahid Quraishi Akan Jadi Hakim Muslim Pertama di AS

Jakarta, Indonesia — Presiden Amerika Serikat Joe Biden menominasikan pria Muslim Zahid Quraishi sebagai hakim federal. Jika disetujui oleh Senat, pria 45 tahun itu akan menjadi Muslim pertama yang menjabat sebagai hakim distrik federal. Quraishi adalah keturunan Pakistan. Dia saat ini menjabat sebagai hakim di New Jersey. “Hakim Quraishi telah membela […]