Breaking News in Indonesia

Rombongan Pekerja Protes Penyekatan di Tol Cikampek

Jakarta, Indonesia —

Sebuah video memperlihatkan sejumlah bus terhenti di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (6/5). Bus-bus tersebut tak bisa melanjutkan perjalanan karena penyekatan mudik lebaran.

Para penumpang bus yang merupakan karyawan itu bahkan sampai turun ke jalan. Mereka mengajukan protes karena perjalanannya tersendat.

Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan peristiwa itu terjadi di KM 31 Tol Jakarta-Cikampek sekitar pukul 06.00-07.00 WIB. Akmal menyebut ada penutupan akses dari Karawang Timur menuju Cikarang Barat.

“Itu informasinya bus karyawan, kebetulan kan ada akses dari Karawang Timur kita tutup yang mengarah ke Cikarang Barat. Itu ditutup untuk memudahkan proses penyekatan dan kendaraan yang diputarbalik ke Jakarta,” kata Akmal saat dihubungi, Kamis (6/5).

Akmal menegaskan bus-bus tersebut bukan terjaring razia penyekatan mudik. Melainkan, tertahan karena imbas dari penyekatan.

Lihat juga:

Bandung Resmi Disekat, Mobil Non Pelat D Diperiksa Aparat

Lebih lanjut, Akmal mengatakan saat ini situasi sudah kembali kondusif. Bus-bus tersebut juga sudah melanjutkan perjalanannya.

“Sudah tidak ada masalah lagi, karena tadi kan tertutup. Sekarang sudah dibuka mereka jalan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, pantauan Indonesia.com, pada pukul 09.00 WIB, protes para karyawan itu sudah tidak ada. Aktivitas penyekatan yang dilakukan polisi berjalan lancar. Namun, kemacetan terjadi di ruas tol mengarah ke Cikampek imbas penyekatan itu.

Hingga pukul 11.00, mayoritas kendaraan yang diputarbalik adalah kendaraan pribadi. Mereka diminta putar balik lantaran tidak membawa dokumen yang disyaratkan untuk melakukan perjalanan saat larangan mudik lebaran.

(dis/yoa/fra)

[Gambas:Video ]

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Larangan Mudik Lebaran 2021”