Jakarta () – Sutradara sekaligus ayah dari aktor Robert Downey Jr. yaitu Robert Downey Sr. tutup usia di New York dengan usianya yang ke 85 tahun.

Robert Downey Jr. pun memberikan penghormatan dan juga mengungkapkan kesedihannya lewat unggah di instagram pribadinya.

"Tadi malam, ayah meninggal dengan tenang dalam tidurnya setelah bertahun-tahun menanggung kerusakan akibat Parkinson, dia adalah pembuat film sejati," kata Robert Downey Jr seperti dikutip dari Variety, Kamis.

Filmnya yang paling ikonik ialah "Putney Swope" (1969), film itu bahkan masuk dalam daftar 10 film teratas tahun di tahun itu oleh Majalah New York.

Downey Sr. juga berakting, dalam film-film termasuk "Boogie Nights" (1997), "Magnolia" (1999) dan "The Family Man" (2000).

Pada awal tahun 70-an ia mengerjakan proyek untuk Joseph Papp dan Teater Publik New York, dan menyutradarai drama David Rabe “Sticks and Bones” dalam siaran langsung untuk CBS pada tahun 1973.

Selera humor Downey tanpa tahanan juga terlihat dalam “Moment to Moment” tahun 1975 (alias “Jive”, “Compliments to the World”, dan “Two Tons of Turquoise to Taos Tonight”), yang juga menunjukkan perasaan Downey yang tak kenal kompromi lewat humornya.

Kepergian Robert Downey Sr. memberikan duka bagi keluarga yang ditinggalkan, meski demikian dalam lanjutan unggahan Robert Downey Jr. kenangan dan sifat baik dari ayahnya tetap menjadi memori yang baik bagi mereka.

"Dia selalu berpikiran optimistik, berdasarkan perhitungan ibu tiri saya mereka sangat bahagia menjalani pernikahan mereka lebih dari 2000 tahun. Rosemary Roger- Downey, anda adalah saint. Baik hati dan doa kami selalu mengiringimu," kata Robert Downey Jr.

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021