RK Hadiri Pemeriksaan Kasus Megamendung, FPI Kawal 2 Panitia

Farah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pihak panitia acara dari FPI memenuhi panggilan pemeriksaan terkait kasus kerumunan di Megamendung.

Bandung, Indonesia —

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik terkait kasus kerumunan massa di Megamendung di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat, Rabu (16/12).

Emil, panggilan akrabnya, tiba sekitar pukul 09.11 WIB menggunakan kendaraan dinasnya yang bisa digunakan sehari-hari. Namun ia tak banyak berkomentar ketika hadir di lokasi.

“Alhamdulillah, sehat,” ucap Emil singkat.

Emil, yang menggunakan kemeja putih dilapisi rompi berwarna biru gelap langsung menuju Gedung Ditreskrimum.

Sementara, dua anggota FPI yang diduga sebagai penyelenggara kegiatan di Megamendung itu juga hadir sesaat sebelum Ridwan Kamil hadir.

Keduanya yakni Muchsin Alatas dan Asep Agus Sofyan juga diperiksa sebagai saksi. Turut dalam rombongan pengacara dari FPI yakni Sugito Atmo Prawiro dan Aziz Yanuar.

“Hari ini pemeriksaan saksi kepada Habib Muchsin dan Ustaz Agus, mengenai masalah kerumunan di Megamendung,” ucap Sugito.

Lihat juga:

Rizieq Tolak Diperiksa Polda Jabar soal Kasus Megamendung

Kasus yang diselidiki Polda Jabar ini bermula saat am Besar FPI Rizieq Shihab menghadiri acara di Pondok Pesantren Alam Agrokultural beberapa pekan lalu. Massa yang hadir dalam acara tersebut membludak dan tak menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Polisi mengatakan ada potensi tersangka dalam dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Meski demikian, hingga saat ini penyidik belum menjerat satu pun tersangka.

Sebelumnya polisi juga telah meminta keterangan sejumlah pihak, termasuk Ridwan Kamil.

Lihat juga:

Bupati Bogor Tegaskan Acara Rizieq di Megamendung Tak Berizin

Dalam kasus ini, kepolisian menggunakan Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan Pasal 216 KUHP.

Rizieq Shihab sendiri, yang juga terjerat kasus kerumunan di Petamburan, sudah diperiksa penyidik Polda Jabar di Mapolda Metro Jaya, beberapa waktu lalu.

(hyg/arh)

[Gambas:Video ]


Next Post

Setelah Pfizer, Kanada Akan Terima Kedatangan Vaksin Moderna

Jakarta, Indonesia — Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pengiriman pertama vaksin Covid-19 Moderna akan tiba di negaranya sebelum akhir Desember. Jika mendapat persetujuan regulasi, Moderna akan bergabung bersama Pfizer/BioNTech yang sudah digunakan dalam vaksinasi darurat di Kanada. Kanada telah memulai vaksinasi Covid-19 pada Senin (14/12) waktu setempat dengan menyuntikkan tenaga medis dan […]