Breaking News in Indonesia

Riz Ahmed, Muslim Pertama Nomine Best Actor Oscar

Jakarta, Indonesia —

Aktor Riz Ahmed mencatatkan sejarah baru di Academy Awards. Pengumuman dirinya sebagai nomine Best Actor Oscar 2021 membuat ia menjadi aktor muslim pertama yang masuk nominasi tersebut.

Ahmed mendapatkan nominasi Best Actor Oscar 2021 berkat perannya di film Sound of Metal. Dalam kategori tersebut, ia berhadapan dengan Chadwick Boseman (Ma Rainey’s Black Bottom), Anthony Hopkins (The Father), Gary Oldman (Mank), dan Steven Yeun (Minari).

Dalam kicauan di media sosial, Senin (15/3) malam waktu Indonesia usai pengumuman nominasi, Ahmed merasa terhormat mendapatkan pengakuan tersebut.

“Wow! Saya merasa terhormat dinominasikan oleh rekan aktor saya di samping penampilan yang menginspirasi, dan berterima kasih kepada the Academy atas dukungan dan dorongan mereka,” kata Ahmed yang kemudian menyebutkan pihak-pihak yang berpengaruh atas penampilannya di film itu.

“Sound of Metal adalah tentang bagaimana krisis kesehatan dapat memisahkan kalian dari kehidupan dan orang yang dicintai, dan memaksa kalian untuk tumbuh dengan cara yang tidak terduga,” kata Ahmed.

“Di tahun yang penuh tantangan bagi banyak orang, saya berharap kisah ini dapat menginspirasi kita untuk menjalin hubungan baru dan lebih dalam dengan diri kita sendiri dan orang lain.” katanya.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

OSCAR 2021
  • Oscar 2021 Bakal Disiarkan dari Berbagai Lokasi
  • Daftar Lengkap Nominasi Piala Oscar 2021
  • Mereka yang Terabaikan di Nominasi Oscar 2021

Ahmed sebelumnya juga mencatat sejarah pada Emmy Awards 2017. Kala itu, ia memenangkan kategori Outstanding Lead Actor in a Limited Series atas perannya di The Night Of. Ia menjadi aktor muslim dan Asia pertama yang memenangkan kategori utama di bidang akting.

Mahershala Ali sebelumnya tercatat sebagai aktor muslim pertama yang memenangkan piala Oscar, melalui kategori Best Supporting Actor lewat Moonlight pada 2017 dan Green Book pada 2019.

Dalam Sound of Metal, Riz Ahmed berperan sebagai Ruben. Ia adalah seorang drummer musik punk dan mantan pecandu yang kehilangan kemampuan dalam mendengar.

Drama karya Darius Marder ini pertama kali tayang di Toronto International Film Festival dan memaksa Ahmed untuk berlatih menabuh drum juga bahasa isyarat selama beberapa pekan.

Berkat peran dalam film tersebut, Ahmed mendapatkan banyak pujian, termasuk nominasi di Golden Globe, the Film Independent Spirit Awards, dan the Screen Actors Guild Awards.

[Gambas:Youtube]

(end)

[Gambas:Video ]