Risma Ingin Bansos via Transfer Demi Efektifitas

Farah

Mensos Tri Rismaharini yakin penyaluran bantuan sosial via elektronik akan lebih efektif ketimbang tunai.

Jakarta, Indonesia —

Menteri Sosial yang baru dilantik Tri Rismaharini mengatakan akan memberikan bantuan sosial (bansos) secara elektronik (cashless) pada 2021 demi efektifitas.

Risma juga berjanji bakal lekas memperbaiki data penerima bantuan sosial agar diterima oleh semua pihak yang memang membutuhkan di tengah pandemi virus corona.

“Kami akan lakukan semua transaksi secara elektronik. Dan juga ada masukan dari daerah, kami gunakan dengan elektronik yang cepat sehingga perbaikan data bisa segera kami dilakukan. Dengan demikian efektivitas bisa tercapai,” kata Risma dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12).

Untuk perbaikan data, Risma mengatakan Kemensos akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri Dirten Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk melakukan pembaruan data penerima bansos.

Selain itu, ia juga akan menggandeng tiap gubernur, kepala daerah, dan perguruan tinggi. Risma dianggap pihak-pihak tersebut mengenal kondisi dan situasi di daerah.

“Kami tidak bisa sendiri akan gandeng Gubernur, kepala daerah, dan utamanya para perguruan tinggi setempat yang tahu persis bagaimana masalah daerahnya,” imbuhnya.

Lihat juga:

Gebrakan Risma: Siasati Bansos Via Transfer, Tak Lagi Tunai

Risma diangkat menjadi Menteri Sosial yang baru hasil kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Risma menggantikan Juliari Batubara di posisi Mensos. Diketahui, Juliari Batubara sudah menjadi tersangka kasus korupsi bantuan sosial. Kini dia ditahan KPK.

(mln/bmw)

[Gambas:Video ]


Next Post

Empat Tipe Vaksin yang Dipakai untuk Vaksinasi Covid-19

Jakarta, Indonesia — Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 menyampaikan vaksin corona yang saat ini tengah dikembangkan terbagi menjadi empat jenis. Setiap vaksin tersebut memiliki kandungan yang berbeda-beda. Keempat vaksin itu adalah vaksin mati; vaksin hidup; vaksin sub-unit; dan vaksin toksoid. Vaksin juga memiliki 4 komposisi kandungan yang meliputi antigen, adjuvant, stabilitator, dan pengawet. […]