Prabowo Resmi Serahkan 40 Unit Pindad Maung ke TNI

Farah

Sebanyak 40 unit Maung buatan Pindad telah resmi diserahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke TNI.

Jakarta, Indonesia —

Kendaraan taktis ringan (rantis) Maung produksi Pindad telah resmi diserahkan Menteri Pertahanan Prabowo kepada TNI pada Rabu (13/1), saat Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan di Jakarta.

Penyerahan secara simbolis itu mewakili 40 unit Maung untuk TNI yang merupakan bagian dari 500 unit pesanan tahap satu dari Prabowo.

“Terimakasih atas kepercayaan Kemhan terhadap Pindad, Kami bangga pada hari ini dilakukan acara penyerahan simbolis Maung dari Menteri Pertahanan kepada KASAD untuk mendukung tugas pokok TNI,” ujar Abraham Mose, Direktur Utama Pindad, yang mengikuti penyerahan melalui konferensi video, dalam keterangan resmi.




Pilihan Redaksi
  • Arti Maung, Nama Rantis Buatan Pindad yang Diberikan Prabowo
  • Menakar Gerilya Pindad Asah Runcing Taring Maung
  • Toyota Sebut Pindad Ajukan Kerja Sama Resmi untuk Maung
  • Pindad Respons Anang-Ashanty Mau Jadi Konsumen Pertama Maung
  • Harga dan Spesifikasi Maung, Kado Prabowo untuk HUT TNI

Abraham sempat menjelaskan nama Maung sesuai dengan desain rantis ini untuk ‘menangkap mangsa’ dalam pertempuran jarak dekat. Maung didesain seperti SUV yang bisa mengangkut empat personel dengan kelengkapan dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan serbu SS2-V4 kaliber 5,56 mm.

Prabowo merupakan sosok penting di balik pengembangan Maung. Nama Maung yang artinya Harimau dalam bahasa Sunda merupakan pemberian Prabowo.

Ukuran tubuh Maung yakni panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan wheelbase 3.090 mm. Bobot rantis 4WD ini mencapai 2 ton.

Mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota digunakan untuk sumber tenaga penggerak via transmisi manual 6-percepatan. Mesin yang menghasilkan 149 hp dan torsi 400 Nm ini juga digunakan pada pikap Toyota Hilux.

Selain versi militer, Pindad juga merancang maung tipe sipil yang akan dijual Rp400 juta – Rp500 juta. Anang dan Ashanty sempat menyatakan tertarik membeli versi sipil itu.

[Gambas:Instagram]

(fea)

[Gambas:Video ]


Next Post

Lukisan Gua Tertua di Dunia di Sulawesi Berusia 45 Ribu Tahun

Jakarta, Indonesia — Tim arkeolog mengumumkan telah menemukan lukisan gua tertua di dunia dengan gambar lukisan babi hutan di gua Leang Tedongnge di Sulawesi, Indonesia. Para ahli memperkirakan gambar itu berusia 45500 tahun. Lukisan gua ini pertama kali ditemukan pada 2017 oleh mahasiswa doktoral Basran Burhan, sebagai bagian dari survei yang dilakukan […]