Breaking News in Indonesia

Polisi Tilang Pengemudi Porsche yang Terobos Jalur Busway

Jakarta, Indonesia —

Polda Metro Jaya bakal menjatuhkan sanksi tilang kepada pengemudi kendaraan mewah Porsche 718 Boxster yang menerobos jalur TransJakarta di Jalan Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus juga mengonfirmasi mobil keluaran perusahaan otomotif Jerman itu telah diamankan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada Sabtu (24/4).

Pengemudi juga telah dimintai keterangan selama kurang lebih tiga jam atas insiden pelanggaran lalu lintas itu.

“Ini kan pelanggaran, bukan kasus ya, jadi ditilang, sanksi tilang. Untuk lengkapnya seperti apa, besok akan dijelaskan di konferensi pers,” kata Yusri saat dihubungi Indonesia.com, Minggu (25/4).

Pilihan Redaksi
  • Ragam Sanksi Pemerintah Bagi Warga Nekat Mudik Lebaran
  • Polisi Telusuri Mobil Sport Penerobos Jalur Transjakarta
  • Polisi Amankan Porsche yang Terobos Jalur Busway Jaksel

Dihubungi terpisah, Kasubit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar meminta publik menunggu keterangan lengkap polisi melalui konferensi pers pada Senin (26/4) besok pagi.

Fahri sebelumnya juga mengungkapkan pengemudi mobil dapat dikenakan sanksi tilang. Hal ini merujuk pada Pasal 287 ayat 1 nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dengan denda sebesar Rp500 ribu.

Lebih lanjut, Fahri menyebut bahwa pelanggaran di jalur Transjakarta menjadi salah satu fokus penindakan. Baik secara konvensional maupun melalui kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE).

“Hari Senin tanggal 26 Maret 2021 pukul 10.00 WIB di Kantor Subdit Gakkum Ditlantas PMJ Pancoran akan dilaksanakan press conference pengungkapan perkara pelanggaran lalu lintas mobil porsche putih memasuki jalur busway yang viral di medsos,” kata Fahri melalui pesan singkat.

Sebuah video berdurasi 59 detik memperlihatkan sebuah mobil mewah berwarna putih berhenti di depan Bus TransJakarta yang hendak masuk ke dalam jalurnya.

Tampak pengemudi mengeluarkan tangan meminta Bus TransJakarta mundur agar ia bisa keluar dari jalur bus tersebut.

Namun, pengemudi bus TransJakarta tampak tidak mengindahkan permintaan itu hingga sang pengemudi akhirnya melaju di dalam jalur Bus TransJakarta.

Adapun dalam dokumen digital yang diterima Indonesia, tampak mobil itu dikendarai oleh seorang perempuan berbaju putih. Rekaman tilang elektronik menunjukkan peristiwa terjadi pada 17 April 2021 pukul 16.16 WIB.

(khr/ard)

[Gambas:Video ]