Pidato Kamala Harris Usai Menang Pilpres AS 2020

Farah

Pidato pertama Kamala Harris, calon wakil Presiden Joe Biden usai menang Pilpres AS 2020.

Jakarta, Indonesia —

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Kamala Harris menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang telah memilihnya dan Joe Biden untuk memimpin AS empat tahun ke depan menggantikan rezim Donald Trump dan Mike Pence.

“Terima kasih telah memberikan jumlah yang sangat banyak untuk membuat suara Anda didengar,” kata Harris saat memberikan pidato kemenangan, Minggu (8/11).

Harris menyatakan dalam beberapa bulan terakhir ia dan Biden merasakan duka, rasa sakit, dan kekhawatiran. Namun ia juga telah menyaksikan keberanian warga AS untuk memperjuangkan kesetaraan dan keadilan, hidup warga AS dan untuk planet bumi dan kemudian memutuskan untuk ikut memilih di pemilu AS 2020.

“Dan Anda menyampaikan pesan yang jelas. Anda memilih harapan dan persatuan, kesopanan, sains, dan ya, kebenaran. Anda memilih Joe Biden sebagai presiden berikutnya di Amerika Serikat, “kata Harris.

Harris juga menyinggung demokrasi yang tidak ‘take for granted’. Untuk itu ia meminta untuk menjaga demokrasi dan tidak pernah menerima begitu saja.

“Itu butuh pengorbanan. Tapi ada kegembiraan di dalamnya. Dan ada kemajuan, karena kita, rakyat, punya kekuatan untuk membangun masa depan yang lebih baik,” kata Harris.

“Dan ketika demokrasi ditunjukkan lewat pemungutan suara, jiwa Amerika dipertaruhkan dan dunia mengawasi, Anda menyambut hari baru bagi Amerika,” tambah Harris.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan Kamala Haris keluar sebagai pemenang dalam pilpres AS 2020 yang digelar Rabu (3/11) waktu setempat.


Biden dan Harris berhasil mengungguli perolehan suara atas pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J. Trump dan Mike Pence di Pennslyvania.

Berdasarkan hasil Projection, Joe Biden akan menjadi presiden terpilih ke-46 Amerika Serikat, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.

Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 213 suara.

Lihat juga:

Boris Johnson hingga Macron Ucapkan Selamat untuk Biden

(DAL/bac)

[Gambas:Video ]

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Biden Menang Pilpres AS 2020”

Next Post

Riuh Seleb Rayakan Kemenangan Biden di Pilpres AS 2020

Jakarta, Indonesia — Pada Sabtu (7/11), Joe Biden dideklarasikan sebagai presiden terpilih setelah meraup suara elektoral tertinggi. Biden meraih 273 suara elektoral sedangkan saingannya, Donald Trump memperoleh 213 suara elektoral. Kemenangan Biden pun dirayakan oleh para pendukung termasuk para selebriti Amerika Serikat. Penyanyi Lizzo tidak bisa menahan air mata haru. Lewat […]