Breaking News in Indonesia

Petisi Setop Drama Snowdrop Tembus 96 Ribu Suara

Jakarta, Indonesia —

Setelah drama Korea Joseon Exorcist dibatalkan karena tuduhan distorsi sejarah, warga Korea Selatan beramai-ramai membuat petisi untuk menghentikan penayangan drama bertema sejarah lain yakni Snowdrop. Drama yang dibintangi oleh aktor Jung Hae-in dan Jisoo BLACKPINK tersebut direncanakan tayang pada paruh kedua tahun ini.

Hingga Minggu (28/3), sebuah petisi yang diajukan ke kantor kepresidenan Korea Selatan berisi agar penayangan drama Snowdrop dihetikan telah mencapai sebanyak 96.434 suara.

Dalam petisi tersebut, disebutkan bahwa meskipun terbukti tidak ada keterlibatan Korea Utara dalam gerakan demokrasi Korea Selatan, ada klaim bahwa drama tersebut menampilkan mata-mata sebagai karakter utama.

Tak hanya itu, petisi itu juga menyinggung dugaan keterlibatan tokoh-tokoh lain dalam penyiksaan dan pembunuhan orang untuk mempercantik nama salah satu badan pemerintah Korea Selatan atau yang sekarang dikenal dengan Kementerian Keselamatan dan Perencanaan Nasional (NIS).

Menanggapi kritik yang sedang berlangsung, JTBC mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Snowdrop bukanlah drama yang meremehkan gerakan pro-demokrasi dan mengagungkan Badan Perencanaan Keamanan Nasional dan mata-mata.

Lihat juga:

Double Patty, Film Irene Red Velvet Tayang 3 April

Snowdrop merupakan drama komedi hitam yang menyindir keadaan pemilihan presiden dengan latar belakang rezim militer pada 1980-an dengan menampilkan kisah cinta sepasang muda-mudi yang menjadi korban pada saat itu.

Drama Snowdrop berlatar di Seoul pada tahun 1987 yakni tahun bersejarah bagi gerakan mahasiswa dan gerakan prodemokrasi di Korea Selatan.

Selama tahun itu, mahasiswa melakukan aksi protes terhadap pemerintah yang telah melakukan penyiksaan dan pembunuhan aktivis dan mahasiswa Park Jong-chol.

Dia ditangkap oleh pihak berwenang pada 13 Januari 1987 dan menjadi sasaran penyiksaan termasuk waterboarding. Hal itu pula yang mendorong warga Korea untuk mengadakan pemilihan presiden langsung

Drama Snowdrop yang tayang di saluran JTBC ini dibintangi oleh Jung Hae-in yang berperan sebagai Im Soo-ho, yakni seorang mahasiswa pascasarjana yang berlumuran darah lalu masuk ke asrama universitas wanita.

Lihat juga:

Lil Nas X Balas Kritikan atas Video ‘Iblis’ Montero

Sementara itu Jisoo BLACKPINK membawakan peran Eun Youngh-cho, seorang mahasiswa yang menolong Im Soo-ho untuk menyembunyikannya dari pihak berwenang lalu mereka pun akhirnya jatuh cinta.

Drama tersebut saat ini sedang dalam proses syuting dan digadang-gadang akan tayang pada paruh kedua tahun ini.

(nly/bac)

[Gambas:Video ]