Pesan untuk Peserta Kartu Prakerja: Jangan Salah Input Data

Farah

Jakarta, Indonesia —

Gelombang 13 program Kartu Prakerja akan segera dibuka siang ini pukul 12.00 WIB. Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyebut gelombang teranyar ini bakal dibuka hingga beberapa hari ke depan.

Meski tak merinci pasti, namun ia menyebut biasanya setiap gelombang dibuka selama 4 hari-5 hari. Sehingga, ia meminta calon pendaftar untuk tidak tergesa-gesa mendaftar.

Pasalnya, seleksi bukan berdasarkan siapa cepat dia dapat. Jika tergesa dan salah input data, bisa jadi peserta malah gugur dari seleksi awal.




“Pembukaan gelombang ini akan dilakukan beberapa hari, jadi masyarakat tidak perlu melakukannya secara tergesa-gesa hari ini semua. Proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang. Jadi tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat,” jelas dia lewat pesan tertulis, Kamis (4/3).

Untuk calon pendaftar, pukul 12.00 WIB nanti bisa mendaftarkan diri lewat situs resmi www.prakerja.go.id. Pertama, peserta membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil mendaftar akun dan login ke akun, peserta akan masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, peserta harus mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya. Kedua, setelah lolos verifikasi NIK, peserta diminta untuk melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone.

Lihat juga:

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini

Ketiga, peserta diminta untuk mengisi sejumlah pernyataan. Keempat, calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO.

Setelah mengisi gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik kolom saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Kelima, pengumuman peserta yang diterima. Keenam, peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja. Kemudian, peserta mengikuti pelatihan daring sesuai pilihan.

Pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program Kartu Prakerja. Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail [email protected] Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

[Gambas:Video ]

(wel/age)


Next Post

Safari Airlangga ke Prabowo, Cara Redam Curiga Koalisi Jokowi

Jakarta, Indonesia — Silaturahmi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ke sejumlah petinggi partai yang merangkap menteri dinilai sebagai bagian dari rencana koalisi dengan Partai NasDem. Airlangga bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di sebuah pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Dalam perjumpaan tertutup itu, keduanya disebut membicarakan rencana koalisi di 2024. […]