Jakarta () – Film "Penyalin Cahaya" dan "Ali & Ratu Ratu Queens" memborong nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 yang diumumkan Minggu (10/10).

"Penyalin Cahaya" arahan Wregas Bhanuteja yang sedang tayang di Festival Film Internasional Busan, Korea Selatan, mendapatkan total 17 nominasi sementara "Ali & Ratu Ratu Queens" arahan sutradara Lucky Kuswandi mendapat 16 nominasi.

 

 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PENYALIN CAHAYA / Photocopier (@penyalincahaya)

"Penyalin Cahaya" mendapat nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik untuk Shenina Syawalita Cinnamon, Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik untuk Chicco Kurniawan, Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik untuk Dena Panendra, dua nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik untuk Jerome Kurnia dan Giulio Parengkuan.

Film ini juga mendapat nominasi untuk kategori Penata Artistik Terbaik, Penata Sinematografi Terbaik, Penata Kostum Terbaik, Penata Rias Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik dan Penata Efek Visual Terbaik.

Baca juga: Daftar nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2021

 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Palari Films (@palarifilms)

Sementara "Ali & Ratu Ratu Queens" dinominasikan untuk Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik untuk Iqbaal Ramadhan, dua nominasi Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik untuk Asri Welas dan Marissa Anita.

Baca juga: Jefri Nichol bicara seputar FFI hingga harapan terhadap industri film

Nominasi yang didapatkan film yang tayang di Netflix lainnya ini adalah nominasi dalam kategori Pengarah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penata Rias Terbaik , Penata Busana Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik dan Penata Suara Terbaik.

Film lain yang mendapat belasan nominasi Piala Citra 2021 adalah "Yuni" arahan Kamila Andini yang baru-baru ini membawa kabar bahagia karena meraih penghargaan Platform Prize Toronto International Film Festival 2021. "Yuni" mendapat 14 nominasi, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik untuk Arawinda Kirana, Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik untuk Asmara Abigail dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik untuk Dimas Aditya.

Film "Cinta Bete" dari sutradara Roy Lolang mendapatkan 10 nominasi Piala Citra 2021 dan film "Preman" mendapat delapan nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia akan diadakan pada 10 November 2021 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan dan disiarkan langsung secara daring melalui akun YouTube Festival Film Indonesia, Kemendikbudristek RI, dan Budaya Saya.

Baca juga: Reza Rahadian jabat Ketua FFI 2021-2023 gantikan Lukman Sardi

Baca juga: Presiden minta seluruh pihak disiplin dan tetap produktif

Baca juga: Empat aktor muda jadi Duta Festival Film Indonesia 2021

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021