Penyakit Mobil Diesel Keluar Asap Warna Putih

Farah

Mobil diesel mengeluarkan asap putih yang berlebihan, sebaiknya pemilik periksa mesin mobil ke bengkel resmi

Jakarta, Indonesia —

Pertanyaan: Mobil diesel keluar asap putih dari knalpot, apa penyebabnya?

Penanya: @benprabowo

Jawaban: Mobil bermesin diesel kerap ditemui mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Kejadian ini praktis membuat pemilik mobil kebingungan, lantas apa penyebabnya?




Bila knalpot mengeluarkan asap putih yang berlebihan, sebaiknya pemilik mobil diesel periksa mesin mobil ke bengkel resmi atau terpercaya.

Untuk diketahui asap putih keluar dari knalpot ada indikasi oli yang terbakar. Kekhawatiran oli yang ikut masuk ke ruang bakar, bercampur dengan solar dan saat pembakaran menghasilkan asap berwarna putih yang keluar dari ujung knalpot bisa saja terjadi.

Artinya asap putih yang keluar akibat proses pembakaran di ruang mesin yang tidak berlangsung sempurna. Penyebab masuknya oli mesin ke ruang bakar sendiri bisa terjadi dari beberapa kemungkinan, sebagai berikut:

1. Seal klep yang sudah mulai lemah, pada saat piston bergerak turun, oli ikut terhisap masuk ke ruang bakar dari celah yang ada di seal klep yang sudah getas.
2. Ada kebocoran pada seal injector.
3. Kemungkinan kebocoran pada perangkat turbo.
4. Ring piston yang sudah aus.

Provis – Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

Indonesia mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial Indonesia.

(mik)

[Gambas:Video ]


Next Post

VIDEO: Biden Menang Pipres dengan 306 Suara Elektoral