Jakarta () – Penghargaan Founders Awards yang pernah diterima Andrew Cuomo pada tahun 2020 lalu dicabut setelah pengunduran dirinya sebagai gubernur New York, Amerika Serikat terkait skandal pelecehan seksual.

Beberapa waktu lalu, Andrew Cuomo digugat atas tuduhan pelecehan seksual. Terkait hal ini, dia dikabarkan telah mengundurkan diri sebagai gubernur New York. Menanggapi hal ini, Akademi Internasional mengatakan bahwa penghargaan Emmy Internasional yang pernah diterima Andrew pada 2020 lalu akan dicabut

"Akademi Internasional mengumumkan hari ini bahwa sehubungan dengan laporan Jaksa Agung New York dan pengunduran diri Andrew Cuomo sebagai gubernur, itu membatalkan Penghargaan Emmy Internasional 2020," kata organisasi Akademi Internasional yang dikutip dari Fox News, Rabu.

"Namanya dan referensi apa pun tentang dia yang menerima penghargaan akan dihilangkan dari materi Akademi Internasional ke depannya," tutupnya.

Menurut Emmy, Founders Award diberikan kepada orang yang "melintasi batas budaya untuk menyentuh kemanusiaan". Sebelumnya, penghargaan ini juga pernah diterima oleh Wakil Presiden Al Gore, Oprah Winfrey dan Steven Spielberg.

Andrew diketahui mengundurkan diri sebagai gubernur pada Senin (23/8) di tengah skandal pelecehan seksual yang dialaminya. Untuk menggantikannya, Kathy Hochul pun dilantik menjadi gubernur pada Selasa (24/8). Dengan pelantikan ini, Kathy menjadi gubernur wanita pertama di New York.

Andrew telah menjadi gubernur New York sejak 2011 dan memutuskan untuk mundur setelah Jaksa Agung New York Letitia James menyimpulkan bahwa dia melakukan pelecehan seksual terhadap 11 wanita dalam laporan setebal 165 halaman yang dirilis awal Agustus lalu.​​​​​​​

Andrew pun sempat mengadakan konferensi pers dua minggu setelah ditetapkan bersalah. Pada kesempatan itu, Andrew mengaku sangat menyesal atas perilakunya yang dianggap tidak pantas selama masa jabatannya. Meskipun demikian, Andrew pun tetap membantah tuduhan pelecehan seksual tersebut.

Baca juga: Gubernur New York Andrew Cuomo mundur dalam skandal pelecehan seksual

Baca juga: Biden tunggu investigasi tuduhan pelanggaran seksual Andrew Cuomo

Baca juga: New York City mulai izinkan makan di dalam restoran

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021