Penerapan Euro 4 Diesel Diundur ke April 2022 Gara-gara Covid

Farah

KLKH menyebut penerapan standar emisi Euro 4 mundur dari April 2021 menjadi April 2022 karena pandemi covid-19.

Jakarta, Indonesia —

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut penerapan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel diundur selama setahun dari jadwal awal akibat pandemi covid-19.

Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Dasrul Chaniago menyebut pemberlakuan standar molor menjadi April 2022 dari rencana awal April 2021.

“Akibat pandemi covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia, persiapan pemberlakuan Euro 4 untuk kendaraan diesel akan ditunda sampai April 2022 yang semula dijadwalkan berlaku April 2021,” terang dia pada diskusi daring YLKI, Jumat (11/12).




Di kesempatan terpisah, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut salah satu alasan dilakukan penundaan dikarenakan selama pandemi banyak teknisi asing yang pulang ke negaranya.

Pelaku usaha semula menyetujui penerapan Euro 4 diesel berlaku tahun depan. Persiapan pun telah dilakukan untuk menyesuaikan fasilitas produksi sebelum pandemi namun kemudian proses pun tertunda.

“Karena terhenti, maka kami minta kepada pemerintah untuk dimundurkan. Karena teknisi pulang ke negara masing-masing,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Lihat juga:

Industri Minta Pemerintah Buat Aturan soal Minyak Jelantah

Sebab, untuk menyesuaikan kendaraan diesel dengan standar emisi Euro 4 butuh waktu. Apalagi, mayoritas mobil diesel yang beredar di dalam negeri punya kandungan lokal tinggi.

“Karena mobil diesel Indonesia kebanyakan lokal komponennya tinggi. Jadi diperlukan waktu untuk melakukan perubahan,” kata Nangoi.

Sebagai informasi, aturan Euro 4 tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, yakni ditandatangani pada Maret 2017.

[Gambas:Video ]

(wel/bir)


Next Post

Satgas: Prioritas Daerah Jadi Indikator Penerima Vaksin Covid

Jakarta, Indonesia — Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa pemerintah, dalam hal ini KPCPEN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, PT Bio Farma (Persero) dan pihak terkait lainnya sedang berkomunikasi secara intensif untuk memastikan proses pendistribusian vaksin yang profesional, tepat sasaran, dan dengan mempertimbangkan skala […]