Breaking News in Indonesia

Pejabat Puskesmas-Kemenkes Jadi Saksi Kerumunan Megamendung

Jakarta, Indonesia —

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan Kepala Puskesmas Desa Sukamana, Megamendung Ramli Randhan dan Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Kesehatan, Sundoyo sebagai saksi kasus kerumunan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (26/4).

Kedua saksi ini akan digali keterangannya terkait kerumunan yang timbul diduga ketika Rizieq Shihab–terdakwa dalam kasus ini–mengikuti kegiatan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Desa Kuta, Megamendung.

Selain itu, JPU juga menghadirkan tiga saksi lainnya. Mereka adalah Kepala Seksi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Adang Mulyana; Babinkamtibmas, Dadang Sudiana; dan Kepala Subagian Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Bogor, H.A. Sihabudin.

Diketahui, Rizieq didakwa melanggar Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan akibat kasus kerumunan di Megamendung. Dia dianggap telah menghalang-halangi penanggulangan pandemi Covid-19 lantaran terjadi kerumunan simpatisannya di Megamendung, Kabupaten Bogor pada 13 November lalu.

Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu juga didakwa melanggar pasal 216 ayat 1 KUHP karena telah sengaja tidak mengikuti aturan pihak yang berwenang terkait pelaksanaan UU.

Proses hukum itu bermula dari kehadiran Rizieq setelah kepulangannya dari Arab Saudi. Di tengah wabah virus corona, Rizieq diketahui masih menyambangi sejumlah titik dan memantik kerumunan orang.

Lihat juga:

BIN Kini Labeli KKB Papua sebagai Kelompok Separatis Teroris

Termasuk salah satunya, kedatangannya ke pondok pesantren di Megamendung. Saat itu Rizieq menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan masjid pesantren.

Pada persidangan sebelumnya, sejumlah saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum mengungkapkan bahwa kabar kedatangan Rizieq tersebar melalui di media sosial dan WhatsApp. Kehadiran Rizieq lantas membuat sekitar 3.000 orang memadati jalan dan area di Megamendung.

Infografis Rizieq Pulang Memicu KerumunanInfografis Rizieq Pulang Memicu Kerumunan. (Indonesia/Basith Subastian)
Lihat juga:

40 Kepala Daerah Dilantik Hari Ini, Termasuk Sahrul Gunawan

(iam/nma)

[Gambas:Video ]