Jakarta () – Dua pangeran Inggris yang sedang berseteru, William dan Harry, akan mengesampingkan perbedaan mereka, Kamis, untuk menghadiri acara peresmian patung mendiang Putri Diana pada hari yang akan jadi ulang tahun ke-60 ibu mereka.

Kedua kakak beradik itu punya hubungan yang dekat hampir seumur hidup, disatukan oleh trauma kehilangan ibu yang meninggal pada usia 36 tahun akibat kecelakaan mobil di Paris pada 1997 ketika William berusia 15 tahun dan Harry 12 tahun.

Tapi sejak Harry menikah dengan aktris Amerika Meghan Markle pada 2018, hubungan mereka merenggang dan semakin jauh setelah wawancara heboh Harry dan Meghan bersama pemandu acara Oprah Winfrey pada Maret lalu.

Dalam wawancara itu, Harry mengkritik ayahnya Charles, William dan keluarga kerajaan sebetulnya terperangkap. Pasangan itu juga menuduh seorang anggota kerajaan mengutarakan komentar rasis.

Biografer Robert Lacey mengatakan pada April dua bersaudara itu masih tidak akur saat bertemu untuk pemakaman Pangeran Philip, suami dari nenek mereka Ratu Elizabeth, dan tidak ada tanda-tanda hubungan membaik.

"Konflik dua putra Diana sepertinya tidak akan berakhir dalam waktu singkat," tulisnya di Daily Mail, menambahkan bahwa teman dan keluarga sudah mencoba agar mereka berbaikan.

Peluncuran patung Diana di London, yang digagas kedua pangeran empat tahun lalu untuk merayakan hidup Diana, memerikan kesempatan langka untuk memulihkan hubungan, di mana Harry pulang dari rumah barunya di Amerika Serikat.

"Kecuali salah satu dari mereka minta maaf, dan saya kira harusnya Harry, saya kira hubungan ini takkan membaik secara otomatis," kata komentator kerajaan Penny Junor.

"Yang saya tahu mereka tidak bicara satu sama lain, yang pasti tidak dengan cara yang biasa dilakukan saudara," katanya kepada Reuters.

Harry mengatakan kepada Oprah Winfrey bahwa hubungannya dengan William sedang merenggang, tapi berharap waktu akan menyembuhkannya.

"Saya sangat menyayangi William, dia adalah kakak saya, kami melalui hal sulit bersama dan berbagi pengalaman. Tapi kami berada di jalan berbeda."

Peluncuran patung di Taman Sunken, Istana Kensington, kediaman Diana dan kini rumah untuk William dan keluarganya, akan jadi acara kecil untuk para pangeran, keluarga dekat Diana dan pematung Ian Rank-Broadley dengan sedikit tamu yang diundang.

Daily Telegraph melaporkan William akan mengajak istrinya, Kate, juga tiga anak mereka George, Charlotte dan Louis untuk melihat patung itu secara pribadi sebelum diresmikan karena mereka tidak akan hadir di peresmian.

Hampir seperempat abad sejak kematiannya, Diana masih diperbincangkan.

Surat kabar Inggris secara teratur menulis kehidupan dan berita seputar kematiannya, sementara bulan lalu terungkap jurnalis BBC berbohong untuk mendapatkan wawancara sensasional pada 1995 saat Diana mengaku berselingkuh dan berbagi informasi mengenai pernikahan yang gagal bersama Charles.

Baca juga: Wawancara Puteri Diana tahun 1995 diwarnai tipu daya

Baca juga: Pangeran William sudah dapat dosis pertama vaksin COVID-19

Baca juga: Pangeran William gabung gerakan klub bola boikot medsos

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021