Panduan dan Tips Memilih Daging untuk Penderita Diabetes

Farah

Lemak dalam daging dapat membuat pengendalian diabetes jadi lebih sulit. Berikut tips memilih daging untuk penderita diabetes.

Jakarta, Indonesia —

Orang dengan diabetes harus membuat perubahan pola makan, termasuk dalam hal konsumsi daging. Mengetahui tips memilih daging yang tepat untuk penderita diabetes akan membantu mengendalikan penyakit yang diderita.

Bagi orang dengan diabetes, memilih daging yang tepat sangat-lah penting. Pasalnya, semua lemak dalam daging dapat membuat pengendalian diabetes jadi lebih sulit.

“Tak ada pedoman yang jelas tentang seberapa banyak daging yang aman dikonsumsi orang dengan diabetes atau pra-diabetes,” ujar ahli gizi Lu Qi, dari Harvard School of Public Health, melansir Everyday Health. Namun, Qi menyarankan agar orang dengan diabetes mau mengurangi asupan daging merah dan beralih ke daging dengan kandungan lemak yang lebih rendah seperti ayam.

Kendati demikian, bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi daging merah. Asupan daging merah diperbolehkan, asal dalam batas tertentu dan pilihan yang tepat.

“Anda hanya boleh mengonsumsi daging merah sebanyak maksimal 18 ons yang dimasak selama sepekan,” ujar ahli gizi Meredith Nguyen. Mengadopsi ukuran porsi ini akan sangat membantu menjaga konsumsi daging merah dalam batas aman.

Daging, bahkan steak berlemak, sesungguhnya tak akan meningkatkan kadar gula darah. Namun, kalori ekstra pada daging dapat menghambat penurunan berat badan yang membuat diabetes jadi lebih sulit dikendalikan.

Tips Memilih Daging untuk Penderita Diabetes

Nguyen mengatakan, orang dengan diabetes harus mengingat bahwa keseimbangan sumber protein yang dipilih menjadi kunci sukses diet diabetes.

“Bukannya Anda tak boleh makan steak. Tapi, jika memang ingin, pilih-lah potongan yang lebih rendah lemak untuk mengurangi lemak jenuh yang dikonsumsi,” ujar Nguyen.

Lihat juga:

6 Jenis Pengganti Gula untuk Penderita Diabetes

Jika Anda menginginkan daging giling, Nguyen menyarankan agar mencari label yang mencatat 95 persen lebih rendah lemak. “Dan, tentu saja, selalu buang lemak yang terlihat dari daging Anda,” kata Nguyen.

Jika memungkinkan, pilih-lah daging yang berasal dari sapi yang mendapatkan pakan rumput. Hewan yang dirawat dengan cara demikian sering kali memiliki kandungan lemak yang lebih sehat, termasuk asam lemak omega-3.

Pilihan Daging untuk Penderita Diabetes

Mengutip Medical News Today, ada banyak pilihan daging yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari pilihan daging sehat, hingga pilihan daging yang hanya bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Minced meat on butcher paper with basil and pepper, selective focusIlustrasi. Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih daging yang akan dikonsumsi. (Istockphoto/Wiktory)

Pilihan daging sehat

Daging yang sangat rendah lemak

Daging jenis ini memiliki 1 gram lemak dan 35 kalori per porsi. The National Institutes of Health (NIH) mencatat, hanya daging kalkun dan dada ayam tanpa kulit yang masuk dalam kategori ini.

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak memiliki kandungan 3 gram lemak dan 55 kalori dalam 1 ons. Daging ini meliputi:

– beberapa potongan daging sapi seperti flank steak, tenderloin, dan chipped beef

– daging babi tanpa lemak

– daging sapi muda

– daging unggas termasuk ayam dan kalkun

Daging untuk dimakan dalam jumlah sedang

Beberapa pilihan daging sesungguhnya kurang menyehatkan karena kandungan lemaknya yang agak tinggi. Namun, daging jenis ini umumnya bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Lihat juga:

Penyebab dan Cara Mengatasi Gula Darah Naik di Pagi Hari

Daging berlemak sedang

Daging jenis ini mengandung 5 gram lemak dan 75 kalori per 1 ons. Daging jenis ini meliputi:

– daging sapi giling, steak chuck, dan steak T-bone

– daging babi, bagian pinggang yang dipanggang

– daging dan kaki domba

– irisan daging sapi muda, digiling atau dipotong dadu

– unggas dengan kulit

Daging yang harus dihindari

Penderita diabetes harus menghindari daging dengan kandungan tinggi lemak. Daging ini mengandung 8 gram lemak dan 100 kalori per 1 ons. Daging ini meliputi:

– potongan daging sapi utama, seperti iga

– produk daging babi, seperti daging babi giling dan sosis

– daging olahan seperti sosis, smoked beef, kornet

Ikuti tips memilih daging untuk penderita diabetes di atas agar penyakit yang diderita bisa terkendali dan terhindar dari risiko komplikasi.

(asr)

[Gambas:Video ]


Next Post

Wisata di Izmir, dari Konak Square ke Lift Bersejarah

Jakarta, Indonesia — Kota Izmir di Turki diguncang gempa 7,0 SR pada Minggu (1/11). Kota pesisir ini merupakan kota terbesar ke-tiga di Turki. Kota Izmir mendapat sebutan ‘Mutiara di Aegea’. Berada di tepi Laut Aegea, kota ini populer menjadi destinasi wisata musim panas bagi penduduk Turki, Yunani, dan turis mancanegara. Izmir merupakan salah […]