Oscar Lawalata Jelang 17 Agustus: Saya Transgender

Farah

Oscar Lawalata buka suara soal pilihannya menjadi seorang transgender lewat unggahan di YouTube pada Minggu (16/8) malam.

Jakarta, Indonesia —

Oscar Lawalata buka suara soal pilihannya menjadi seorang transgender lewat unggahan di YouTube pada Minggu (16/8) malam.

Saya transgender! Saya tahu dari kecil saya transgender, tapi setelah saya pelajari kurang lebih lima tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender,” ungkapnya dalam konten berjudul ‘Merdeka Diri!’

Oscar menuturkan bahwa perjalanannya tak mudah untuk membuat kedua orang terdekatnya, ibu dan adik, Reggy dan Mario Lawalata mengerti kondisinya. Dia tahu bahwa kedua orang terdekatnya itu memiliki pikiran yang terbuka, tapi dia juga menilai mereka masih dalam proses.

Mereka tidak mengalami apa yang alami, tapi coba mengerti,” katanya.

Untuk itu, dia mengungkapkan bahwa perlu cara tersendiri untuk menjelaskan ke keluarga. Menurutnya, ia butuh mengenal dulu sudut pandang orang tersebut untuk bisa berbicara dari hati ke hati.

Di samping itu, ia tak memungkiri, bahwa prosesnya untuk menyampaikan ke keluarga tak mudah. Rasa sakit hati dan kekecewaan pun ada.

Kalau lihat harmonis perjalanannya enggak seperti itu pasti ada proses saling mengenal satu sama lain. Sakit hati dan kekecewaan ada. Mereka bilang ‘Kita terima kamu tapi masih enggak mengerti kamu itu apa.’ Saya merasa, ‘Puluhan tahun hidup bersama kok enggak ngerti juga,'” tutur Oscar.

Oleh karenanya, ia sendiri butuh mempelajari ragam gender yang ada untuk bisa menyampaikan pemahaman secara baik, khususnya untuk orang terdekatnya.

Kita dituntut lebih smart untuk sampaikan. Pertama pelajari dulu karena gay sama transgender itu beda. Di sini di pukul rata. Mau gay, mau waria, ada lagi crossdresser itu semua beda. Jadi dunia ini manusia ragamnya banyak. Tapi kita punya stigma laki begini perempuan harus begini. Ternyata enggak, jiwa manusia itu berwarna,” katanya.

[Gambas:Youtube]

Sebelumnya, pilihan Oscar untuk mengubah jenis kelamin sebagai perempuan disampaikan oleh sang ibunda, Reggy pada 5 Agustus lalu.

Wanita, firm,” kata Reggie saat menjawab pilihan gender Oscar.

Reggie kemudian mengungkapkan bahwa dia menerima pilian anak pertamanya menjadi perempuan sejak lima hingga enam tahun lalu.

Kala itu, ia menuturkan telah berbicara dari hati ke hati bersama Oscar serta mendukung segala pilihan yang diambil anaknya itu.

Pilihan Oscar, apapun itu, saya support karena bagaimanapun kamu adalah anak saya, apapun kamu, I love you so much, so you can do what you want. whatever what you want, dan saya tidak peduli sama semua orang,” katanya.

Lihat juga:

Desainer Oscar Lawalata Putuskan Jadi Perempuan

Oscar Lawalata merupakan perancang busana Indonesia yang pernah menekuni sekolah mode Esmod di Jakarta. Namun, program yang seharusnya diikuti selama tiga tahun hanya dijalani separuhnya.

(agn/asa)

[Gambas:Video ]

Next Post

HUT RI Ke-75, Merah Putih Berkibar di Bawah Perairan Tenau Kupang

Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Irjen Pol Hamidin mengibarkan bendera merah putih di bawa laut. Pengibaran bendera merah putih yang berlangsung di perairan Tenau Kupang ini diikuti juga oleh Dirpolair Kombes Pol Andreas Heri Susi Darto, beserta tim penyelam dari dinas kelautan dan […]