Nevada Jadi Kunci Biden untuk Menangkan Pilpres AS

Farah

Capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, berharap meraih seluruh suara elektoral di Nevada untuk bisa lolos ke Gedung Putih.

Jakarta, Indonesia —

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, kini berharap bisa meraih seluruh suara elektoral di negara bagian Nevada untuk bisa lolos ke Gedung Putih.

Biden diperkirakan akan memenangkan enam suara elektoral di Nevada. Jumlah suara yang dihitung di negara bagian itu saat ini telah mencapai 86 persen.

Untuk sementara, Biden unggul tipis dengan perolehan suara sebanyak 49,3 persen. Sementara pesaingnya yang merupakan petahana, Donald Trump, mengantongi 48,7 persen suara.

Pada Rabu (4/11), pejabat negara bagian setempat mengatakan hasil penghitungan lebih lanjut tidak akan diketahui hingga Kamis.

Sementara itu, Pennsylvania kemungkinan menjadi negara bagian yang membutuhkan waktu paling lama untuk mengumumkan pemenang. Negara bagian ini memiliki 20 suara elektoral.

Pihak berwenang setempat berharap dapat menyelesaikan penghitungan pada Jumat. Namun, pada Rabu, tim kampanye Trump menuntut penghitungan suara di Pennsylvania supaya dihentikan.

Lihat juga:

Massa Biden Bikin Aksi Tandingan soal Penghitungan Suara

Trump menuduh pejabat pemilihan melarang pengawas utusan Partai Republik mendekati tempat penghitungan suara, dan hanya dibolehkan memantau dari jarak 7,6 meter.

Dilansir AFP, hingga saat ini, penghitungan suara masih berlangsung di beberapa negara bagian. Hasil sementara menunjukkan Biden mengantongi 264 suara elektoral, termasuk di Michigan di Wisconsin. Sementara Presiden Trump mengantongi 214 suara elektroal.

Dalam Pilpres AS, dibutuhkan 270 suara elektoral untuk memenangkan kursi kepemimpinan di Gedung Putih.

(ans/ayp)

[Gambas:Video ]

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Pilpres AS 2020”

Next Post

FOTO: Bencana Pertahanan Manchester United