Mengulas Suzuki GSX-RR yang Bawa Joan Mir Juara Dunia MotoGP

Farah

Bedah spesifikasi Suzuki GSX-RR yang berhasil membawa Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP 2020

Jakarta, Indonesia —

Joan Mir berhasil mengukuhkan posisi sebagai juara dunia MotoGP 2020 usai laga di Valencia yang diselenggarakan Minggu (15/11) malam. Mir mencapai puncak prestasinya pada laga MotoGP bersama motornya Suzuki GSX-RR.

Motor ini memang bukan barang baru yang dirancang Suzuki. GSX-RR diperkenalkan untuk kali pertama pada 2014 untuk menggantikan motor balap sebelumnya, GSV-R.

Secara desain motor ini tampak simpel, namun diklaim Suzuki sangat optimal memberi efek aerodinamis di lintasan. Motor ini memiliki panjang 2.096 mm, lebar 720mm dan tinggi 1.140mm. Sedangkan jarak sumbu roda dan bobotnya 157 kg.




Motor menggunakan rangka aluminium Twinpar untuk mengikat mesin 1.000 cc empat silinder. Mesin yang digunakan berspesifikasi empat katup, DOHC, dan berpendingin cairan.

Mesin ini juga dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan dengan sistem transmisi kopling ganda. Menurut Suzuki, mesin GSX-RR memiliki tenaga maksimal 236,7 hp, sedangkan kecepatan maksimal lebih dari 340 km per jam.

Di samping itu GSX-RR dilengkapi knalpot model bertingkat yang disuplai Akrapovic.

Lihat juga:

Mir Ungkap Dua Balapan Kunci di MotoGP 2020

Menurut Suzuki motor ini juga mengedepankan keselamatan, terutama pebalap lain di belakang. Oleh sebab itu terdapat lampu dengan menyala merah di bagian sepatbor belakang yang dapat digunakan dalam hujan atau jarak pandang rendah.

Sedangkan untuk memperoleh traksi terbaik di aspal, motor dilengkapi ban Michelin lingkar roda 17 inci.

Spesifikasi ban yang menentukan Michelin dan komponen itu juga wajib dikembalikan usai laga atau sesi pengetesan. Untuk mengontrol tekanan angin, motor juga sudah menggunakan fitur Tire Air Pressure Sensor (TAPS).

GSX-RR juta telah melengkapi pengereman dengan piringan cakram merek Brembo.

(ryh/mik)

[Gambas:Video ]


Next Post

BLT Gaji Guru Honorer Kemendikbud Rp1,8 Juta Cair Besok

Jakarta, Indonesia — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bantuan langsung tunai (BLT) berupa subsidi upah untuk guru honorer di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mulai dicairkan besok, Selasa (17/11). Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menuturkan Kemendikbud sudah siap dari sisi data guru yang akan menjadi penerima bantuan. “Sudah siap […]