Jakarta () – Seorang pengacara yang mewakili Virginia Giuffre, yang menuduh Pangeran Andrew melakukan pelecehan seksual dalam gugatan perdata, mengatakan timnya mungkin berusaha untuk menggulingkan Meghan Markle jika kasus itu dibawa ke pengadilan.

Meskipun Meghan Markle telah mengundurkan diri dari tugas kerajaannya, tetapi ia mungkin masih digulingkan sebagai bagian dari gugatan perdata terhadap Pangeran Andrew, yang telah dituduh melakukan pelecehan seksual oleh Virginia Giuffre.

David Boies, seorang pengacara yang mewakili Giuffre dalam kasus tersebut, mengatakan kepada The Daily Beast bahwa timnya sedang "mempertimbangkan" upaya untuk menggulingkan Duchess of Sussex jika kasus tersebut dibawa ke pengadilan.

Tidak ada dugaan bahwa Meghan terlibat dalam kesalahan apa pun dan Andrew telah membantah tuduhan terhadapnya.

Pengacara Andrew diperkirakan akan memperdebatkan mosi mereka untuk menghentikan kasus tersebut pada 4 Januari.

Menurut Boies, ada tiga alasan Meghan bisa menghadapi deposisi potensial, "Satu, dia ada di AS jadi kami memiliki yurisdiksi atas dia," ujar Boies dilansir dari ENews pada Sabtu.

Kedua, Meghan adalah pihak yang jelas-jelas, dalam jangka waktu tertentu, adalah rekan dekat Pangeran Andrew dan karenanya berada dalam posisi untuk mungkin melihat apa yang dia lakukan atau mendengar orang membicarakan tindakannya.

Baca juga: Harry dan Meghan masuk daftar 100 orang berpengaruh majalah TIME

"Karena hubungan masa lalunya (Meghan) dengan Pangeran Andrew, dia mungkin mengetahui beberapa hal penting," Boies menambahkan.

Terakhir, Meghan dianggap sebagai seseorang yang bisa diandalkan untuk mengatakan hal yang sebenarnya.

Pengacara tersebut juga menyarankan agar dia berusaha untuk menggulingkan mantan istri Andrew Sarah Ferguson dan saudaranya Pangeran Charles, meskipun mendapatkan deposisi dari non-A.S. warga negara, seperti anggota keluarga kerajaan Inggris, akan lebih kompleks.

"Kami kemungkinan akan mengambil satu atau dua deposisi orang-orang yang dekat dengan Andrew yang mengetahui tindakannya," jelasnya.

Meskipun Boies belum membuat keputusan akhir, dia mencatat bahwa timnya tidak akan meminta pernyataan dari ibu Andrew, Ratu Elizabeth, "karena rasa hormat dan dan usianya."

Giuffre telah mengajukan gugatan terhadap Andrew yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual terhadapnya lebih dari dua dekade lalu ketika dia berusia 17 tahun. Dalam gugatan itu, dia mengklaim bahwa Andrew tahu bahwa dia diperdagangkan oleh mendiang pelaku kejahatan seks Jeffrey Epstein dan rekannya Ghislaine Maxwell.

Epstein meninggal pada 10 Agustus 2019, karena bunuh diri saat berada di penjara sambil menunggu persidangan atas tuduhan perdagangan seks federal. Maxwell saat ini diadili untuk enam dakwaan federal, termasuk perdagangan seks anak di bawah umur, yang dia mengaku tidak bersalah. Andrew sebelumnya membantah tuduhan Giuffre dalam wawancara November 2019 dengan BBC.

Sementara itu perwakilan Meghan belum memberikan komentar ketika dihubungi hingga saat ini.

Baca juga: Meghan Markle dan Kate Middleton masuk daftar 25 Wanita Berpengaruh

Baca juga: Pangeran Harry akan terbitkan catatan pengalaman hidup

Baca juga: Pernikahan Putri Beatrice terancam mundur

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021