Manfaat Konsumsi Daun Sukun

Farah

Jakarta, Indonesia —

Buah sukun biasanya diolah menjadi gorengan dengan cita rasa gurih nan nikmat. Namun selain buahnya yang bisa dikonsumsi, daun sukun juga ternyata bisa Anda olah agar bermanfaat untuk kesehatan. Ada berbagai manfaat daun sukun yang bisa didapatkan. 

Buahnya sendiri mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram buah sukun, terdapat air 37 miligram, 126 kalori, 1,6 gram protein, 24,5 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 1,5 gram serat, 337 miligram kalsium, 436 miligram kalium, dan 25 gram natrium. Buah ini juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Zat yang terkandung dalam buah sukun terbukti membantu tubuh melawan radikal bebas karena terdapat senyawa phenol dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

Selain buahnya, rebusan ekstrak daun sukun juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Menurut WebMD, daun sukun bisa digunakan sebagai obat herbal. Manfaat daun sukun bisa meredakan radang sendi, asma, sakit punggung, membantu menyembuhkan luka, dan mengobati infeksi telinga.

Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2010 lalu pernah meneliti kandungan dan khasiat daun sukun untuk kesehatan. Ekstrak daun sukun ternyata mengandung flavonoid dan sitosterol yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Ekstrak daun sukun juga mampu menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan. Selain itu, ekstrak daun sukun sebagai obat tradisional juga mampu mengatasi masalah ginjal, penyakit hati, peradangan dan gatal-gatal.

Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan oleh mahasiswa UGM, mengatakan konsumsi rebusan daun sukun bisa membantu mengobati penyakit tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat daun sukun, cara konsumsinya adalah dengan merebus daun sukun yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan, layaknya teh. Ekstrak daun sukun juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak karena khasiatnya untuk kesehatan.

(mel/chs)

[Gambas:Video ]


Next Post

Asa dan Skeptis Warga Soal Kehadiran 5G di Indonesia

Jakarta, Indonesia — Pemerintah dilaporkan bakal menggelar jaringan 5G di 13 lokasi di Indonesia sebelum 2024. Rencana itu tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020-2024. Dalam peraturan disampaikan bahwa penggelaran 5G akan dilakukan di 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa, […]