Malaysia Majukan Film Horor Roh ke Oscar 2021

Farah

Malaysia memilih film horor art-house, Roh, untuk mencoba bersaing dalam Oscar 2021 di kategori film panjang internasional Academy Awards.

Jakarta, Indonesia —

Malaysia memilih film horor art-house, Roh, untuk mencoba bersaing dalam Oscar 2021. Film tersebut akan didaftarkan dalam kategori film panjang internasional terbaik Academy Awards ke-93.

Hal tersebut diumumkan Perusahaan Pengembangan Film Nasional (Finas) melalui akun media sosial rumah produksi Kuman Pictures.

“Seleksi melalui proses evaluasi rinci berdasarkan kriteria pembuatan film seperti arahan, alur cerita, sinematografi, skenario, akting, skor musik, elemen artistik dan penyuntingan selain mematuhi aturan yang ditetapkan oleh penyelenggara Oscar,” tulis pengumuman tersebut.

Roh memiliki latar masa lalu yang tidak pasti. Film itu mengisahkan tentang kehadiran seorang gadis kecil yang membawa ramalan-ramalan tak menyenangkan dan kejadian aneh terhadap keluarga miskin yang tinggal di hutan.

Seperti dilansir Variety, film ini hanya menggunakan enam karakter, tiga anak-anak dan tiga orang dewasa. Roh dengan anggaran yang minimal, tetapi membuat inti utama dari plot yang baru dengan penyampaian yang cerdik.

Lihat juga:

Dukung Trump, Lil Pump Ditinggal 300 Ribu Pengikut Instagram

“Eksekusi yang terampil dan cermat dalam pementasan, komposisi, pengeditan, dan fotografi yang luar biasa, mengangkat cerita ke tingkat sinema kontemporer yang menempatkan ‘Roh’ dalam kategori yang berbeda dari orang-orang Malaysia mana pun yang ditonton selama bertahun-tahun,” tulis konsultan festival Udine Paolo Bertolin.

[Gambas:Instagram]

Roh merupakan film panjang pertama karya Sutradara Emir Ezwan. Film itu diproduksi oleh Elise Shick, Shizreen Saleh dan Amir Muhammad. Pemerannya antara lain Farah Ahmad, Mhia Farhana, Harith Haziq, June Lojong, Namron, dan Putri Qaseh sebagai gadis kecil.

Film tersebut pertama kali tayang di Singapore International Film Festival kemudian Jogja-Netpac Asian Film Festival tahun lalu. Sedangkan film tersebut tahun ini sudah tayang di Festival Film Fear East di Udine, Italia.

Sebelumnya, Ezwan menyutradarai film pendek RM10 pada 2016 dan mengawasi efek khusus untuk “Crossroads: One Two Jaga” Namron pada 2018.

Lihat juga:

Sinopsis Pawn, Kala Jaminan Jadi Harta Paling Berharga

Malaysia telah mengirimkan film untuk dipertimbangkan Oscar sejak 2004. Namun, tidak ada yang dinominasikan sampai saat ini.

Sementara itu, Academy diharapkan mengumumkan seluruh nominasi pada 15 Maret 2021 dan acara penghargaan digelar pada 25 April 2021.

(chri/bac)

[Gambas:Video ]


Next Post

Emil soal UMP Jabar Tak Naik: Jangan Bandingkan Provinsi Lain

Jakarta, Indonesia — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 demi mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Saat ini, UMP 2021 ditetapkan sama dengan 2020 sebesar Rp1,81 juta per bulan. Pasalnya, Emil, sapaan akrabnya, jumlah PHK sudah cukup tinggi di Jawa Barat. Data yang dimilikinya, hampir […]