Breaking News in Indonesia

Lokasi Kecelakaan Bus Sumedang: Jalan Turun Panjang

Jakarta, Indonesia —

Titik lokasi kecelakaan bus pariwisata yang menewaskan 27 orang di Jalan Raya Sumedang-Cibereum, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Rabu (10/3) malam berupa jalan menurun cukup panjang.

Dilaporkan Antara, bus yang terperosok ke jurang itu berdekatan dengan jalan tikungan menurun. Diduga bus melaju dari arah Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kemudian kehilangan kendali hingga terperosok ke jurang di sebelah kiri jalan.

Bus berwarna putih dan abu itu terperosok ke jurang sekitar 20 meter dari jalan. Di bawah jurang terdapat rumah pemukiman warga.

Menurut Kasie Operasi dan Siaga Kantor SAR Jawa Barat, Supriyono, tidak ada warga setempat yang terluka akibat kecelakaan tersebut.

Lokasi kecelakaan berjarak kurang lebih 85 kilometer dari Kota Bandung atau sekitar dua jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Di malam hari, jalan tidak dilengkapi dengan penerangan jalan umum (PJU) sehingga petugas membutuhkan lampu penerangan khusus saat evakuasi yang berlangsung hingga Kamis dini hari.

Bus diketahui tengah mengangkut rombongan pelajar yang berwisata ke Pangandaran dan kemudian berziarah ke beberapa tempat. Hingga Kamis pagi, 27 jenazah berhasil dievakuasi, sementara 15 penumpang lainnya luka ringan dan 13 luka berat. 

Pihak kepolisian sendiri hingga saat ini belum memberikan keterangan resmi mengenai penyebab kecelakaan. Namun salah seorang penumpang yang selamat menduga rem bus blong sehingga supir kehilangan kendali.

Catatan redaksi: Berita mengalami koreksi pada pukul 09.42 WIB untuk memperbarui jumlah korban tewas yang berhasil dievakuasi. 

(Antara/vws)

[Gambas:Video ]