Headline berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Lima tewas di resor Bali setelah elevator kaca terkenal Instagram jatuh ke jurang

Lima pekerja di sebuah resor di Bali tewas Jumat ketika sebuah lift kaca yang terkenal di Instagram yang mereka tumpangi tiba-tiba jatuh 300 kaki ke jurang, menurut laporan setempat.

Para staf di Ayuterra Resort di Kedewatan, Ubud, menumpangi lift terbuka ketika kabelnya putus sekitar pukul 1 siang, dilaporkan Bali Sun.

Dua pria dan tiga wanita tersebut diidentifikasi sebagai Sang Putu Bayu Adi Krisna, 19, I Wayan Aries Setiawan, 23, Ni Luh Supernigsih, 20, Kadek Hardiyanti, 24, dan Kadek Yanti Pradewi, 19.

Kepala Kepolisian Ubud Made Uder memberi tahu koran itu bahwa kabelnya tidak cukup kuat untuk menarik berat lift.

“Tali ayunan baja tidak cukup kuat untuk menarik berat ke atas, yang cukup berat, dan pengaman atau rem tidak berfungsi, sehingga lift meluncur ke bawah dengan kecepatan tinggi sehingga kecelakaan ini tidak dapat dihindari,” katanya. “Akibatnya, lima penumpang lift meninggal.”

Wakil Gubernur Bali Cok Ace, yang juga ketua Asosiasi Hotel dan Restoran Bali, mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah meninjau dokumen keselamatan hotel.

“Ini adalah pertama kalinya ini terjadi, dan jika kita lihat sekilas, saya melihat izin, terutama mengenai penggunaan dan keselamatan kerja, mengenai kondisi lift,” katanya.

“Dari pemeriksaan rutin, satu konsultan independen mengatakan bahwa pada November 2022 [baik-baik saja], dan baru 8 bulan sejak mereka menyatakan masih [aman] jadi tentu saja ini akan dimasukkan dalam penyelidikan,” tambah wakil gubernur.

Lift itu membawa staf dan tamu dari tingkat atas hotel ke fasilitas resor di tingkat bawah jurang.

Tamu di resor telah diberi akomodasi alternatif saat polisi menyelidiki kecelakaan, menurut outlet tersebut.

Pemilik resor, Linggawati Utomo, mengatakan perusahaannya akan membayar pemakaman para pekerja.