Langgar Protokol, Istri Pence Lepas Masker di Akhir Debat

Farah

Istri Mike Pence, Karen melepas masker ketika menghampiri suaminya di panggung usai debat dengan Kamala Harris, hari ini di Utah.

Jakarta, Indonesia —

Istri Mike Pence, Karen melanggar protokol dengan melepaskan masker di akhir debat calon wakil presiden Amerika Serikat pada hari ini, Rabu (7/10) malam di Utah. Karen menghampiri suaminya di panggung tak lama setelah debat dengan Kamala Harris berakhir.

Tindakan Karen ini hanya contoh lain dari pemerintah yang mengabaikan pedoman protokol kesehatan dan mengabaikan seruan untuk mengenakan masker.

Padahal masker dianggap sebagai salah satu cara terbaik menghindari droplet dan transmisi melalui udara.

Sementara itu, Douglass Emhoff tetap mengenakan masker ketika menghampiri istirnya, Kamala Harris di panggung.

Komisi Debat Presiden sebelumnya telah mengharuskan semua orang yang hadir dalam debat untuk tetap mengenakan masker. Hanya kedua kandidat dan moderator yang tidak mengenakan masker selama debat berlangsung.

Selain mengharuskan penonton mengenakan masker, dalam debat kali ini Komisi Debat menerapkan sejumlah protokol kesehatan termasuk penggunaan pleksiglas untuk membatasi Harris dan Pence.

Sekat pleksiglas direkomendasikan untuk digunakan jika tidak bisa terus menerus menerapkan jarak sosial. Kedua kandidat juga dipisahkan sejauh 3,6 meter di atas panggung.

Komisi pemilu pada Senin (5/1) mengumumkan serangkaian penyesuaian pada debat cawapres, termasuk penggunaan sekat pleksiglas untuk mencegah penyebaran virus corona. Penyesuaian ini dilakukan setelah Presiden Donald Trump dan sejumlah orang di sekitarnya dikonfirmasi terinfeksi Covid-19.

Lihat juga:

Harris saat Diinterupsi Pence: Saya Sedang Bicara!

Kendati telah menerapkan serangkaian perubahan, sejumlah ahli medis menilai debat cawapres masih berisiko menularkan virus.

“Jika dia telah melakukan kontak dekat, itu seharusnya tidak berlanjut. Saya berharap penyelenggara debat tidak hanya terfokus pada jarak, tapi juga kualitas udara sehingga aman dari sudut pandang transmisi,” ujar Erin Bromage, profesor biologi di Universitas Massachusetts Dartmouth.

(evn)

[Gambas:Video ]

Next Post

Serang Pos Polisi, Pelajar STM Ditangkap di Bekasi

Jakarta, Indonesia — Sejumlah pelajar STM di Bekasi ditangkap usai berusaha menyerang pos penjagaan polisi Harapan Indah, Jalan Sultan Agung, perbatasan Bekasi-Jakarta, Kamis (8/10). Pelajar STM ini berupaya menerobos titik penyekatan untuk mengikuti aksi demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja. Dari pantauan Indonesia.com, sejumlah pelajar STM itu sempat berusaha menghindari […]