Lakers Juara, Persembahan Terindah LeBron James untuk Bryant

Farah

LA Lakers berhasil menjadi juara NBA 2020. Gelar ini jadi persembahan terbaik LeBron James kepada mendiang Kobe Bryant.

Jakarta, Indonesia —

LA Lakers berhasil menjadi juara NBA 2020. Gelar ini jadi persembahan terbaik bintang mereka, LeBron James kepada mendiang Kobe Bryant.

Lakers memastikan gelar ke-17 usai mengalahkan tim kuda hitam, Miami Heat 106-93 pada gim keenam di AdventHealth Arena, Senin (12/10) pagi WIB. Hasil itu membuat Lakers menang 4-2 di final NBA dalam format best of seven.

James mengantarkan Lakers juara usai performa mengecewakan karena gagal lolos ke playoff musim lalu. Gelar ini juga menghapus mendung akibat paceklik gelar satu dekade terakhir dan kepergian Bryant.

Pada musim lalu, James harus menjalani salah satu musim terburuknya. Bintang berusia 35 itu tidak mampu menanggung beban berat yang dititipkan para penggemar ke pundaknya.

Los Angeles Lakers' LeBron James (23) reacts after getting fouled against the Miami Heat during the first half in Game 3 of basketball's NBA Finals, Sunday, Oct. 4, 2020, in Lake Buena Vista, Fla. (AP Photo/Mark J. Terrill)LeBron James gagal memenuhi ekspektasi di tahun pertamanya bersama LA Lakers. (AP/Mark J. Terrill)

James yang diharapkan bisa mengangkat performa tim justru terpuruk. James tidak mampu mengangkat performa tim yang memang tampil labil di NBA 2019.

Performa mengecewakan itu berujung pada pergantian pelatih. Luke Walton digantikan oleh Frank Vogel.

Tak cuma jajaran pelatih, perubahan juga merambah ke pemain. Anthony Davis didatangkan dari New Orleans Pelicans dan ditukar dengan tiga pemain sekaligus yakni Lonzo Ball, Brandon Ingram, dan Josh Hart.

Perubahan itu memberikan hasil di lapangan. Lakers mulai terlihat sebagai tim yang siap juara, setara dengan rival sekota LA Clippers yang mendatangkan dua bintang, Paul George dan Kawhi Leonard.

James dkk pun melangkah mulus ke babak playoff sebagai penguasa wilayah Barat. Asa untuk mengakhiri puasa gelar selama satu dekade itu pun mengemuka.

Di tengah optimisme untuk meraih gelar, kabar menyedihkan menghampiri Staples Center. Ikon dan sang legenda hidup, Bryant meninggal dunia secara tragis karena kecelakaan helikopter di California, Amerika Serikat, 26 Januari 2020.

LOS ANGELES, CA - MARCH 10: Kobe Bryant #24 of the Los Angeles Lakers and LeBron James #23 of the Cleveland Cavaliers match up during the first half at Staples Center on March 10, 2016 in Los Angeles, California. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this Photograph, user is consenting to the terms and condition of the Getty Images License Agreement.   Harry How/Getty Images/AFPLeBron James sudah menganggap Kobe Bryant seperti saudaranya sendiri. (Harry How/Getty Images/AFP)

Bryant meninggal dunia bersama putri tercinta, Gianna. Tak ada penumpang yang selamat dalam kecelakaan mengerikan tersebut.

Saat acara penghormatan untuk Bryant digelar, James berjanji untuk melanjutkan apa yang telah diberikan ‘Black Mamba’ untuk Lakers. Peninggalan yang ingin dijaga oleh James untuk Bryant yang telah ia anggap sebagai kakaknya sendiri.

“Kobe sudah seperti kakak buat saya. Fakta bahwa saya di sini sekarang berarti banyak buat saya,” ujar James pada 1 Februari lalu.

“Saya ingin melanjutkan bersama rekan-rekan peninggalannya, tidak hanya tahun ini tetapi selama mungkin selama kami bisa memainkan permainan bola basket yang kita cintai karena itulah yang diinginkan Kobe Bryant.”

Makna dari peninggalan ini memiliki definisi yang luas. Namun, satu dari peninggalan itu adalah gelar juara yang pernah diberikan Bryant untuk Lakers.

Banner gif video highlights MotoGP

Bryant merupakan pemilik lima cincin juara NBA. Seluruh gelar itu diraih Bryant bersama Lakers, tim yang ia perkuat selama 20 tahun (1996-2016).

Tujuh bulan berselang, James memenuhi janjinya. Mantan pebasket Miami Heat dan Cleveland Cavaliers itu memberikan gelar pertama untuk Lakers.

Lihat juga:

Jack Brown Cetak Rekor di Timnas Indonesia U-19

Sepanjang babak playoff, James juga tampil gemilang. James membukukan rata-rata 34,2 poin, 12,8 rebound, 8,8 assist, 64 persen tembakan sukses dari dalam perimeter dan 45 persen tembakan sukses dari zona tiga poin.

Namun, statistik itu tidak lebih penting dari gelar juara yang keempat sepanjang karier James. Trofi NBA 2020 jadi persembahan terindah James untuk Bryant.

(jun)

[Gambas:Video ]

Next Post

VIDEO: Drama Petrucci Menang MotoGP Prancis 2020