Breaking News in Indonesia

Kisah Bocah 5 Tahun Temukan Fosil Gigi Ikan Hiu Megalodon

Jakarta, Indonesia —

Seorang bocah mendapatkan hadiah ulang tahun yang tidak terduga. Ia menemukan gigi berukuran 10 sentimeter di pantai Carolina Selatan, Amerika Serikat (AS) yang merupakan tempat asal ikan hiu megalodon punah.

Brayden Derw, bocah berusia lima tahun menemukan bagian gigi dari hiu megalodon saat ia tengah berlibur merayakan hari ulang tahun di Pantai Myrtle, AS bersama keluarganya.

Saat menggali pasir, Brayden menemukan fosil gigi berwarna hitam yang berukuran terbilang besar. Ukuran fosil gigi itu menunjukkan ukuran sebesar tangan Brayden. Ibu Brayden, Marissa mengatakan bahwa setelah ditemukannya fosil gigi ikan hiu megalodon, temuan itu kerap menjadi bahan pembicaraan oleh anaknya.




“Itu adalah ulang tahun kelima putra saya pada tanggal 20. Kami sedang berlibur di Myrtle untuk tahun kedua berturut-turut. Dia sedang menggali pasir dan menemukannya,” ujar Marissa seperti dikutip Newsweek.

Saat mengukur fosil, Marissa menemukan gigi itu yang panjangnya kurang lebih 10 sentimeter. Keluarga itu berencana untuk membingkai fosil dan memajangnya di rumah.

“Suami saya kini berusaha untuk terus mencari bagian gigi lain,” pungkasnya.

Para ahli dilaporkan telah mengkonfirmasi kebenaran temuan potongan gigi itu. Menurut peneliti gigi itu memang merupakan bagian gigi dari spesies hiu yang diklaim paling besar di jagat raya.

Jack Cooper, seorang mahasiswa yang mempelajari ikan hiu dan spesies megalodon di Swansea University, Inggris mengatakan pita gigi di bagian depan merupakan ciri yang kerap ditemukan dalam famili megalodon.

Lebih lanjut ia menjelaskan gigi berukuran tangan anak bocah itu adalah bagian gigi dalam yang berada di tengah mulut. “maka Anda melihat ukuran hiu yang panjangnya sekitar 9 hingga 11 meter.

“Saya merasa iri karena [Brayden] menemukan gigi yang keren di usia yang begitu muda – itu akan menjadi penemuan impian bagi saya,” tuturnya.

Seorang kurator di Museum Geologi Bob Campbell di South Carolina menegaskan bahwa temuan itu memang benar merupakan bagian dari gigi ikan hiu megalodon.

Baca juga:

Ilmuwan Ungkap Ukuran Asli Hiu Raksasa Purba Megalodon

“Itu pasti gigi megalodon. Warna hitam pada fosil disebabkan oleh mineral fosfat yang larut ke dalam sel dari waktu ke waktu.” ujarnya.

Dikutip Global news, South Carolina dikenal kaya akan fosil dan sejumlah potongan dari megalodon yang telah ditemukan di sana beberapa bulan terakhir.

Organisasi pariwisata Discover South Carolina menyatakan bahwa gigi dan fosil hiu dapat ditemukan di sebagian besar pantai di negara bagian bahkan di daerah pedalaman.

Pada bulan Maret, seorang penggemar fosil dilaporkan menemukan gigi megalodon di lokasi konstruksi South Carolina, berukuran 6,45 inci. Mereka berharap untuk dapat menjualnya dengan harga ribuan dolar AS.

Baca juga:

Jason Statham Siap Hadapi Teror Hiu Lagi di Sekuel ‘The Meg’

(can/DAL)

[Gambas:Video ]