Kia Rancang Mobil Tempur Mirip Humvee buat Militer Korsel

Farah

Kia mengembangkan kendaraan militer buat Korea Selatan, termasuk ATV berbasis SUV Mohave.

Jakarta, Indonesia —

Produsen otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Kia Motors, berencana mengembangkan platform kendaraan militer baru buat pemerintah di negaranya. Strategi ini masuk dalam rencana jangka menengah Kia yang tujuannya menciptakan kendaraan militer baru untuk mengganti model berukuran 2,5 ton dan 5 ton yang saat ini masih digunakan.

Kia adalah salah satu pemasok besar kendaraan militer Korsel dan juga mancanegara. Produsen mobil Picanto, Rio, dan Seltos ini telah memproduksi lebih dari 140 ribu kendaraan militer ukuran 0,25 – 5 ton dengan lebih dari 100 varian.

Kia merancang kendaraan ATV militer mirip Humvee berbasis SUV Mohave.Kendaraan militer buatan Kia. (Kia)

Kendaraan militer dari platform baru itu disebut akan memiliki berbagai kecanggihan teknologi terkini, termasuk mesin diesel 7.000 cc dengan torsi melimpah, transmisi otomatis, fitur bantuan parkir, around view monitor, navigasi satelit, dan lainnya.




Prototipe proyek ini bakal dibuat pada tahun ini, lalu pemerintah Korsel akan mengevaluasinya pada 2021. Rencana produksi dikatakan dimulai pada 2024.

Platform baru ini tipe modular, artinya memungkinkan digunakan sebagai variasi kendaraan jenis lain, misalnya untuk kepentingan senjata khusus, misi tertentu, atau teknologi lebih rinci.

Lihat juga:

Mengenal iMT, Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

Kia melalui keterangan resmi juga menyampaikan sudah mengembangkan all-terrain vehicles (ATV) militer yang rencananya diperkenalkan awal tahun depan.

ATV mirip Humvee buatan Amerika Serikat ini dibuat mengandalkan basis Mohave, SUV lebih besar dari Seltos namun lebih kecil dari Telluride, yang bukan hanya untuk kebutuhan militer tetapi juga buat sektor industri atau pariwisata.

Bukan cuma itu, Kia juga menjadikan proyek kendaraan militer ini menjadi ladang eksplorasi teknologi fuel cell hidrogen, sistem otonom, dan platform kendaraan listrik untuk kepentingan pertahanan negara.

(fea)

[Gambas:Video ]

Next Post

Jalani Rutinitas Baru demi Kesehatan Psikologis Kala Pandemi

Jakarta, Indonesia — Gangguan psikologis tak dipungkiri mulai dirasakan sebagian masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Rutinitas dan kegiatan baru dapat menjadi solusi atas gangguan ini. Psikolog Klinis Forensik Kasandra Putranto, mengungkap beberapa orang yang ditemuinya berhasil mengatasi gangguan psikologis ini dengan melakukan rutinitas dan kegiatan baru. Aktivitas ini diakui sebagai salah satu […]