Ketika Moderator Debat Capres Kewalahan Hadapi Trump

Farah

Moderator debat calon presiden Amerika Serikat, Chris Wallace berulang kali memperingatkan Donald Trump agar tak menginterupsi.

Jakarta, Indonesia —

Moderator debat calon presiden Amerika Serikat, Chris Wallace berulang kali memperingatkan Donald Trump agar tak menginterupsi.

Trump diketahui berulangkali menginterupsi sesi debat capres perdana yang digelar, di Cleveland, Ohio, Selasa (29/9) malam waktu setempat.

Sejak awal, Trump terus menyela ketika rivalnya, Joe Biden menjawab pertanyaan dari Wallace. Baru 20 menit berjalan, sesi debat itu berubah menjadi kacau ketika Trump terus menyela jawaban Biden soal hakim Mahkamah Agung (MA) dan layanan kesehatan di AS.

Trump bahkan sempat berdebat dengan Wallace ketika jurnalis Fox News itu bertanya tentang layanan kesehatan.

Awalnya, Wallace menanyakan janji Trump yang akan mencabut dan mengganti Obamacare, layanan kesehatan di masa mantan Presiden AS Barack Obama.

“Tetapi Anda tidak pernah, dalam empat tahun ini membuat rencana komprehensif untuk menggantikan Obamacare ….,” kata Wallace.

Lihat juga:

Usai Debat Biden Dipeluk Istri, Trump Tepuk Pundak Melania

Ia belum menuntaskan pertanyaannya, namun Trump kemudian menjawab, “Ya, saya punya. Saya sudah menyingkirkan fasilitas itu (Obamacare),” ucapnya.

Wallace meminta Trump menjawab ketika dirinya sudah selesai bertanya. “Saat saya selesai, saya akan memberi Anda kesempatan untuk …”

Namun Trump lagi-lagi menyela pertanyaan Wallace. “Maaf saya sudah menghilangkan itu,” jawabnya. “Ini benar-benar hal yang besar,” imbuh Trump.

“Anda yang memperdebatkannya, bukan saya,” kata Wallace.

Ia pun mengingatkan bahwa Trump seharusnya berdebat dengan Biden, bukan dengan dirinya.

“Anda berdebat dengan dia, bukan saya. Biarkan saya mengajukan pertanyaan,” ujarnya.

Wallace lantas menanyakan soal rencana layanan kesehatan dari Trump. Namun Trump kemudian menjawab, “Saya pikir saya berdebat dengan Anda. Bukan dia (Biden). Tapi tidak apa-apa, saya tidak terkejut,” tuturnya.

Momen Wallace memperingatkan Trump kembali muncul ketika pembahasan soal anak Biden, Hunter Biden, disinggung dalam sesi debat.

Trump terus berupaya menyela ketika Biden menyampaikan jawabannya.

Wallace pun berulang kali memperingatkan, namun hal itu tak dihiraukan Trump. Hingga Wallace pun memperingatkan dengan nada suara meninggi.

“Aku benci harus menaikkan suaraku,” ucapnya.

Lihat juga:

Usai Debat Biden Dipeluk Istri, Trump Tepuk Pundak Melania

Wallace mengingatkan bahwa debat itu dibagi dalam enam segmen. Terdapat segmen ketika masing-masing calon tak boleh mendebat satu sama lain.

“Nanti di segmen ketika bisa saling mendebat, Anda bisa bicara apapun yang Anda mau. Saya pikir negara akan lebih baik jika kita mengizinkan kedua orang bicara dengan lebih sedikit interupsi. Saya memohon kepada Anda, Pak, untuk melakukan itu,” ujar dia.

Trump kemudian membalas bahwa Biden yang justru memotongnya berbicara, Wallace menambahkan, “Terus terang, Anda melakukan lebih banyak interupsi dari yang dia lakukan,” katanya.

(psp/dea)

[Gambas:Video ]

Next Post

Lelang ORI018 Dibuka Kamis Besok, Kupon 5,7 Persen per Tahun

Jakarta, Indonesia — Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melelang¬†surat utang negara berseri Obligasi Negara Ritel 018 (ORI018) secara online mulai besok, Kamis (1/10). Surat utang akan dijual dengan penawaran kupon sebesar 5,7 persen per tahun. “Masa penawaran pembukaan 1 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB. […]