Breaking News in Indonesia

Kepala Negara Silam Usai KTT, Menlu Filipina Masih di Jakarta

Jakarta, Indonesia —

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021 di Jakarta dinyatakan berlangsung dengan aman. Hingga Sabtu (24/4) malam, para delegasi KTT ASEAN telah pulang ke negaranya masing-masing dengan selamat.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, delapan dari sembilan delegasi dan Kepala Negara peserta KTT ASEAN hingga pukul 19.07 WIB sudah meninggalkan Indonesia.

Hanya delegasi Filipina, Menteri Luar Negeri Teodoro L. Locsin Jr yang masih berada di Indonesia. Rencananya Teodoro kembali ke Manila pada Senin (26/4). Ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Teodoro di Jakarta.

Selama KTT ASEAN, 35 Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI diterjunkan untuk mengamankan kedatangan dan kepulangan Kepala Negara dan Delegasi Negara KTT ASEAN. Jumlah SSK itu ditempatkan di lokasi-lokasi yang dianggap rawan.

Pilihan Redaksi
  • Sempat Ditangkap di Demo Junta Myanmar, 2 Staf LBH Dilepas
  • Jokowi Dukung Lima Konsensus soal Myanmar dari KTT ASEAN
  • Oposisi Junta Militer Myanmar: KTT ASEAN Gagal

Sebanyak delapan SSK TNI melakukan pengamanan di tempat menginap para Kepala Negara dan Delegasi Negara di Hotel Fairmont, Grand Hyatt, Shangri-La, Raffles, Mulia, Mandarin Oriental, dan Ritz Carlton.

Sisanya 27 SSK TNI dibagi ke dalam tiga lokasi, yakni pengamanan Bandara Soekarno-Hatta, pengamanan rute, dan pengamanan obyek KTT ASEAN sesuai dengan arahan dari Asops Kasdam Jaya, Asintel Kasdam Jaya, Dirops Polda Metro Jaya, dan Dir Intel Polda Metro Jaya.

Selain 35 SSK TNI ada pula 28 Polda Metro Jaya. Dalam prakteknya 63 SKK ini berkolaborasi dalam bidang keamanan bagi para Delegasi dan Kepala Negara ASEAN, terutama rute yang dilalui dari Bandara Soekarno-Hatta ke lokasi menginap dan KTT ASEAN dilaksanakan.

Dalam konferensi ini disepakati lima konsensus, yakni kekerasan di Myanmar harus segera dihentikan, harus ada dialog konstruktif mencari solusi damai, ASEAN akan memfasilitasi mediasi, ASEAN akan memberi bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre, dan akan ada utusan khusus ASEAN ke Myanmar.

KTT ASEAN dihadiri sembilan perwakilan pemimpin Asia Tenggara, termasuk perwakilan Myanmar, yakni Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Hadir pula Menteri Luar Negeri Filipina sebagai Utusan Khusus Filipina Teodoro L. Locsin Jr., Menteri Luar Negeri Thailand sebagai Utusan Khusus Thailand Don Pramudwinai, Menteri Luar Negeri Laos sebagai Utusan Khusus Laos Saleumxay Kommasith, dan Panglima Junta Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing.

(abd/ard)

[Gambas:Video ]