Kenaikan Harga Cabai Buat Inflasi Maret 0,08 Persen

Farah

Jakarta, Indonesia —

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami kenaikan inflasi sebesar 0,08 persen secara bulanan (month-to-month/mtm) pada Maret 2021.

Inflasi secara tahunan (year-on-year/yoy) tercatat sebesar 1,37 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto mengatakan inflasi utamanya disumbang oleh makanan, minuman, dan tembakau yang sebesar 0,4 persen dengan andil 0,1 persen.




“Inflasi 0,08 persen karena makanan minuman, sembako memberikan andil cukup besar yaitu 0,1 persen,” kata Setianto dalam konferensi pers, Kamis (1/4).

Setianto menyatakan beberapa komoditas bahan pangan memberikan andil inflasi, seperti cabai rawit, bawang merah, dan daging ayam.

Kelompok lain, perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga dengan inflasi 0,04 persen dan memberikan andil sebesar 0,01 persen.

Kemudian, perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga inflasi 0,1 persen dengan andil 0,01 persen, pakaian dan alas kaki inflasi 0,02 persen, kesehatan inflasi 0,08 persen, dan penyediaan makanan dan minuman inflasi 0,17 persen.

[Gambas:Video ]

Berdasarkan bentuknya, komponen bergejolak (volatile foods) inflasi 0,56 persen dengan andil 0,1 persen.

Sementara, komponen volatile foods, terdiri dari komponen energi dengan deflasi 0,02 persen dan andil nol persen serta komponen bahan makanan inflasi 0,52 persen dan andil 0,1 persen.

Lalu, deflasi inti sebesar 0,03 persen. Sementara komponen harga diatur pemerintah (administered price) tercatat inflasi 0,02 persen dengan andil nol persen.

Lihat juga:

Nyoman Nuarta Klaim Menang Sayembara Desain Istana Negara

Berdasarkan wilayah, inflasi terjadi di kota dari 56 kota IHK. Sementara 32 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 1,07 persen dan terendah di Tangerang sebesar 0,01 persen.

Lalu, deflasi tertinggi terjadi di Baubau sebesar 0,99 persen dan terendah di Palopo sebesar 0,01 persen.

(aud/agt)


Next Post

Anies Angkat Agus Himawan Jadi Dirut Perumda Sarana Jaya

Jakarta, Indonesia — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengangkat Agus Himawan Widiyanto sebagai direktur utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya. Agus Himawan menggantikan Yoory C. Pinontoan yang dicopot lantaran terjerat kasus dugaan korupsi pembelian lahan yang tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengangkatan Agus ini tertuang dalam Keputusan Gubernur […]