Kemenkes Sesalkan Raffi Nongkrong Tanpa Masker Usai Vaksinasi

Farah
Jakarta, Indonesia —

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyesalkan sikap selebritas Raffi Ahmad yang keluyuran tanpa menerapkan protokol kesehatan pada Rabu (13/1) kemarin. Apalagi aktivitas itu tak berselang lama setelah Raffi didapuk pemerintah sebagai salah satu penerima suntik vaksin virus corona Sinovac perdana bersama Presiden Joko Widodo.

Nadia menegaskan, setiap warga yang menerima suntikan dosis vaksin tak lantas terbebas dari paparan virus corona. Ia mengingatkan, penerima vaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Seharusnya walau dia sudah divaksin tetap menjalankan protokol kesehatan ya, tidak boleh kendor atau lalai melakukan 3M. Apalagi setelah dilakukan vaksinasi diperlukan waktu untuk tubuh membuat antibodi ya,” ungkap Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Indonesia.com, Kamis (14/1).

Nadia menjelaskan, sejauh ini kementeriannya belum memberikan teguran langsung terhadap Raffi Ahmad. Akan tetapi ia menyebut pihak Istana Kepresidenan sudah menyampaikan teguran soal wanti-wanti protokol kesehatan terhadap Raffi.

“Kalau teguran sudah dari istana langsung ya, sudah paling tinggi,” jelas Nadia.

Lagi pula menurut Nadia, Raffi sudah menerima banyak teguran dari warganet yang tak sepakat dengan ulah Raffi yang tidak mematuhi protokol kesehatan 3M–tak sampai sehari setelah menerima suntikan vaksin Sinovac.

“Aku rasa teguran sosial yang juga dari para netizen yang paham akan lebih mengingatkan siapapun untuk tetap patuh protokol kesehatan. Ini kan perjuangan bersama ya,” imbuh dia lagi.

Lihat juga:

Warganet Ramai-ramai Kritik Raffi Ahmad Nongkrong usai Vaksin

Penyanyi Sherina Munaf dalam cuitan pada akun Twitter @sherinasinna juga mengkritik tingkah Raffi. Ia mengatakan, bahwa seharusnya Raffi memberikan contoh yang baik bagi para pengikutnya di jejaring sosial.

“Halo, Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame-rame dong. Anda dipilih jatah awal-awal vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik. Please, you can do better than this. Your followers are counting on you,” tulis Sherina.

Adapun sebelumnya, kisruh ini bermula ketika selebgram Anya Geraldine mengunggah foto di Instagram Story pada Rabu (13/1) malam. Dalam foto itu, terlihat Raffi, Nagita Slavina, Anya, pembalap Sean Gelael, dan Gading Marten, berpose berdempetan tanpa mengenakan masker.

Selebritas Raffi Ahmad mengikuti vaksinasi Covid-19 gelombang pertama di Istana. (Tangkapan Layar youtube Sekretariat Presiden)

Di bawah foto itu, Anya menuliskan, “Bener-bener @raffinagita1717 abis dikasih vaksin langsung nongkrong engga ada protokol kesehatan. Buang-buang jatah vaksin aja, beb.”

Merespons itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Raffi agar kembali menerapkan protokol kesehatan.

Heru juga menyampaikan terima kasih atas informasi dari masyarakat terkait tindakan Raffi tersebut. Ia berjanji bakal terus mengingatkan tokoh masyarakat yang mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk tetap mengkampanyekan protokol kesehatan.

Lihat juga:

Istana Tegur Raffi Ahmad Nongkrong Usai Vaksin Bareng Jokowi

(khr/nma)

[Gambas:Video ]


Next Post

MK Tolak Gugatan RCTI soal Larangan Streaming di Medsos

Jakarta, Indonesia — Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan uji materi yang dilayangkan PT Visi Citra Mitra Mulia (INews TV) dan PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) terhadap Pasal 1 ayat 2 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Kamis (14/1). Dalam sidang pleno terbuka Kamis (14/1), sembilan hakim MK […]