Breaking News in Indonesia

Keluarga Glazers: Penjual Jam Tangan Hingga Beli Man Utd

Jakarta, Indonesia —

Manchester United saat ini dimiliki oleh keenam anak dari Malcolm Glazer: Avram, Joel, Kevin, Bryan, Darcie dan Edward atau dikenal Keluarga Glazers.

Keluarga Glazers memegang saham mayoritas Manchester United pada tahun 2005 melalui perusahaan investasi Red Football Ltd.

Namun, Malcolm Glazer meninggal pada Mei 2014 karena sakit stroke, sehingga 98 persen saham yang dimilikinya dibagi rata kepada keenam anaknya.

Joel dan Avram Glazer ditunjuk menjadi Co-Chairman Man Utd. Sedangkan, Kevin, Bryan, Darcie dan Edward memegang posisi sebagai direktur.

Pilihan Redaksi
  • Hasil Liga Inggris: Man City Bungkam Aston Villa
  • 3 Pembalap yang Jadi Sasaran Kemarahan Joan Mir di MotoGP
  • Kronologi Laga Man Utd vs Liverpool Ditunda

Malcolm Glazer adalah seorang pengusaha asal Amerika Serikat. Pada 2014, kekayaan bersih Glazer ditaksir mencapai 4 miliar dolar atau sekitar Rp 57,8 triliun.

Sebelum kaya raya, Glazer adalah anak dari keluarga yang biasa-biasa saja. Bahkan, Glazer harus membantu menghidupi keluarganya dengan menjual jam tangan dari pintu ke pintu.

Kemudian dia mendapatkan izin untuk menjadi penjual jam tangan di Pangkalan Angkatan Udara Sampson di dekat New York. Peluang ini yang membuka pintunya menjadi pebisnis yang sukses.

Soccer Football - Manchester United fans protest against their owners before the Manchester United v Liverpool Premier League match - Manchester, Britain - May 2, 2021 Manchester United fans on the pitch in protest against their owners before the match Action Images via REUTERS/Carl Recine     TPX IMAGES OF THE DAYFan Manchester United menggelar aksi protes kepada Keluarga Glazers. (Foto: Action Images via REUTERS/CARL RECINE)

Pada 1956 setelah pangkalan udara ditutup, ia melebarkan sayap ke dunia properti hingga hampir menguasai kawasan real estate di seluruh Amerika Serikat.

Cakupan usaha Glazer semakin meluas hingga memiliki bank, fasilitas kesehatan, restoran, dan stasiun televisi.

Glazer kemudian merambah ke dunia olahraga. Langkah pertama Glazer masuk ke dunia olahraga ketika ia membeli klub NFL Tampa Bay Buccaneers pada tahun 1995. Klub ini dijalankan oleh tiga putra Glazer: Joe, Bryan, dan Edward.

Atas saran anaknya pula Glazer kemudian membeli saham Manchester United sebesar 2,9 persen pada 2003.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Nilai saham Glazer di Manchester United semakin meningkat dari 30%, 50%, 76% hingga pada Juni 2005, Glazer berhasil mengambil alih saham mayoritas klub Setan Merah sebesar 98 persen.

Setelah Glazer meninggal dunia, sahamnya dibagikan kepada keenam anaknya dengan pembagian Joel (17%), Avram (16,4%), Dancie (16,4%), Kevin (16,3%), Bryan (15,5%), dan Edward (15,2%).

(rhr/har)