Jakarta () – Seungri dan penuntut umum dari militer mengajukan banding atas hasil putusan dari kasus "Burning Sun" yang menyatakan Seungri bersalah dan harus dihukum di penjara selama tiga tahun.

Seungri mengajukan banding tentu untuk meringankan putusan dari pengadilan, sementara penuntut dari militer mengajukan banding untuk bisa menjerat Seungri sesuai tuntutan awalnya yaitu 5 tahun penjara.

Melansir Soompi, Sabtu, mereka mengajukan banding pada 19 Agustus, tepat tujuh hari setelah putusan dikeluarkan pengadilan.

Sementara penuntut umum dari militer mengeluarkan bandingnya pada 25 Agustus 2021 dan mengharapkan tuntutan awalnya menjerat Seungri dalam bui 5 tahun bisa terealisasi.

Sebelumnya, pada Kamis (12/8) Pengadilan Militer menjatuhkan vonis pada Seungri bahwa ia terbukti bersalah dan harus mendekam di dalam bui selama tiga tahun lamanya.

Ia juga harus membayar denda senilai 1.1 miliar won Korea atau setara dengan Rp14.2 miliar.

Pria berusia 30 tahun itu terbukti melanggar aturan dan terjerat 9 dakwaan yaitu Undang-Undang tentang Hukuman yang Diperberat, dll. Kejahatan Ekonomi Khusus, dan pelanggaran Undang-Undang Sanitasi Makanan, penggelapan.

Selanjutnya, pelanggaran Undang-Undang tentang Kasus Khusus Mengenai Hukuman , dll. Kejahatan Seksual, perjudian kebiasaan, pelanggaran UU Transaksi Valuta Asing, mediasi prostitusi, pembelian layanan prostitusi, dan hasutan kekerasan khusus.

Sidang banding itu disiapkan berlangsung di Pengadilan Tinggi Militer Yongsan, Seoul.

Seungri menjalani kasus hukumnya bertepatan dengan kewajibannya memenuhi tugas wajib militer.

Karena dia telah mengajukan banding atas hukumannya, selama dia terus memenuhi tugasnya hingga persidangan kedua selesai, dia akan diberhentikan seperti biasa.

Jika dia tidak mengajukan banding atas hukumannya, dia akan dipindahkan ke divisi kerja masa perang karena dia menerima hukuman penjara dan denda, menurut Pasal 137 Undang-Undang Dinas Militer.

Seharusnya Seungri selesai melakukan wajib militernya pada 16 September 2021.

Baca juga: Seungri divonis 3 tahun penjara atas kasus prostitusi dan perjudian

Baca juga: Seungri didakwa 5 tahun penjara dan denda 20 juta won

Baca juga: Seungri terus bantah terlibat kasus "Burning Sun"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021