Jakarta () – Mengenakan gaun Chanel perak berkilauan, pemenang Oscar Marion Cotillard turut membuka lagi perhelatan akbar Festival Film Cannes yang dihadiri para bintang.

Festival film terbesar dunia itu kembali setelah tahun lalu tidak dihelat akibat pandemi COVID-19, kali ini lebih sepi dengan tamu dan pesta yang lebih sedikit selama 12 hari pemutaran perdana film-film.

Para bintang hadir di upacara pembukaan di French Riviera sebagai bentuk dukungan untuk industri yang terpuruk karena pandemi menutup bioskop selama berbulan-bulan.

"Ini kali pertama saya di bioskop dalam 15 bulan terakhir," kata sineas Brasil Kleber Mendonca Filho, salah satu juri yang akan memilih pemenang penghargaan tertinggi Palme D'Or, dalam konferensi pers, Selasa, dikutip dari Reuters.

Bintang Hollywood Jessica Chastain dan Adam Driver yang berakting bersama Cotillard di musikal "Annette" yang jadi film pembuka adalah sebagian selebritas yang datang ke Prancis untuk menghadiri acara tersebut, demikian juga dengan sutradara Spanyol Pedro Almodovar dan aktris Inggris Helen Mirren.

Jodie Foster juga datang mengenakan gaun Givenchy untuk menerima penghargaan pencapaian seumur hidup. Jodie Foster pertama kali datang ke Cannes ketika berusia 13 tahun saat dia membintangi "Taxi Driver".

Direktur festival Thierry Fremaux tetap berpegang pada aturan ketat Prancis yang melarang film dari platform streaming seperti Netflix untuk mengikuti kompetisi, kecuali jika film itu ditayangkan di bioskop terlebih dahulu.

Sutradara AS Spike Lee ikut bicara tentang perseteruan Cannes-Netflix yang sudah berlangsung lama, dia mendukung platform streaming tempatnya merilis "Da 5 Bloods" di tengah puncak pembatasan akibat pandemi tahun lalu.

"Bioskop dan platform screening bisa hidup berdampingan," katanya dalam konferensi pers, Selasa. "Dulu ada pemikiran TV akan membunuh bioskop. Ini bukan hal baru."

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021