Kapolres Jakpus Minta Demo Buruh di DPR Patuh Protokol Covid

Farah

Kapolres Jakarta Pusat menyatakan pihaknya tak akan membubarkan demo buruh menolak Omnibus Law, jika dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Jakarta, Indonesia —

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Heru Novianto meminta massa buruh dan mahasiswa yang akan menggelar demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja di depan Kompleks DPR/MPR, Kemendikbud, dan dekat Istana mengikuti aturan protokol kesehatan.

Heru menyebut pihaknya tak akan sampai membubarkan demo bila massa menaati aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama menggelar aksi.

“Kita protokol kesehatan tetap kita tegakkan dan harus dijaga sesuai aturan. Ya kalau dia ikut standar protokol ngapain dibubarin,” kata Heru lewat sambungan telepon kepada Indonesia.com, Selasa (17/11).

Ia tak menyebut secara pasti jumlah personel yang akan diturunkan untuk mengamankan aksi lanjutan dari buruh, mahasiswa, hingga pelajar di tiga lokasi secara bersamaan tersebut.

Sejumlah elemen buruh, mahasiswa, dan pelajar yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) kembali menggelar aksi menuntut pencabutan UU Nomor 11 Tahun 2020.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Sunarno mengatakan, aksi rencananya akan dimulai pukul 10.00 di depan Gedung DPR/MPR, dilanjut dengan long march ke Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kebudayaan) pukul 13.00 WIB.

Dia menyebut, aksi kali ini merupakan lanjutan dari aksi-aksi buruh sebelumnya untuk menolak UU Omnibus Law Ciptaker dan menuntut kenaikan Upah Minimum 2021. Gelaran aksi tersebut sekaligus memperingati Hari Pelajar Internasional yang jatuh pada 17 November.

Lihat juga:

Pelajar Ikut Demo Tolak UU Ciptaker Bersama Buruh & Mahasiswa

“Paling jam 10.00-11.00 sampai DPR, sampai sekitar jam 13.00 baru konvoi ke Kemendikbud,” kata Sunarno kepada Indonesia.com, Selasa (17/11).

Sementara itu, berdasarkan pantauan Indonesia.com, massa aksi belum terlihat di Depan Kompleks DPR/MPR hingga pukul 10.30 WIB, atau setengah jam dari jadwal semula. Situasi masih terlihat lengang kendati sejumlah aparat sudah mulai berjaga-jaga.

(thr/wis)

[Gambas:Video ]


Next Post

Pulihkan Ekonomi AS, Fed Akan Tambah Pembelian Surat Utang

Jakarta, Indonesia — Bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) mengisyaratkan tambahan pembelian surat utang. Tujuan utamanya, membantu pemulihan ekonomi AS dari pandemi covid-19. Mengutip AFP, Selasa (17/11) Wakil Ketua The Fed Richard Clarida mengisyaratkan kesediaan bank sentral meningkatkan pembelian obligasi, yang terdiri dari US treasury dan sekuritas berbasis mortgage. “The […]